Wabup Iwan: Pemkab Bogor Siap Bantu Desa Gali Potensi dan Dirikan BumDes

0
50

Cibinong, BogorUpdate.com
Wakil Bupati Bogor, Iwan Setiawan mengungkapkan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor siap membantu desa-desa untuk menggali potensi dan mendirikan Badan Usaha Milik Desa (BumDes). Hal tersebut dikatakan Iwan pada kegiatan Rebo Keliling (Boling) di Kecamatan Megamendung, Rabu (23/6/21). Boling diselenggarakan dengan luring dan daring, serta menerapkan protokol kesehatan dengan ketat. Boling tersebut dihadiri Bupati Bogor Ade Yasin, Wakil Bupati Bogor Iwan Setiawan, Ketua Komisi A DPRD Kabupaten Bogor Usep Supratman, dan beberapa Kepala Perangkat Daerah.

Wabup Iwan mengatakan, luas wilayah Kecamatan Megamendung sebesar 73,97 km² atau 2,48% luas Kabupaten Bogor. Dalam zonasi arah pengembangan wilayah Kabupaten Bogor masuk dalam zona pengembangan ekowisata. Pengembangan tersebut dikerjasamakan dengan berbagai pihak untuk membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat. Beberapa potensi wisata desa antara lain, curug panjang dan Taman Wisata Matahari, 46 hotel dan 23 wisma.

“Kami akan bantu desa yang ingin mengembangkan potensinya melalui pembentukan Bumdes. Kita kerjasama dengan perguruan tinggi untuk memberikan pendampingan dalam pembentukan Bumdes. Kita akan bantu menggali potensi yang ada, jadi Kepala Desa jangan diam saja, harus berkoordinasi dengan kami,” terang Iwan.

Iwan menambahkan, untuk legalitas Bumdes yang bergerak di bidang perhotelan harus diperhatikan. Ini penting untuk mengamankan kita, ketika kami bantu, tolong juga bantu kami dengan memenuhi persyaratan dan legalitas supaya kami nyaman melaksanakan kegiatan di hotel Bumdes ini.

“Selanjutnya Soal UMKM, saya berharap legalitas UMKM juga harus diperhatikan, kita bantu UMKM ini untuk maju. Tidak hanya produknya laku di pasaran tapi juga memiliki legalitas. Dinas Koperasi dan UMKM harus memberikan bantuan-bantuan yang diperlukan oleh para pelaku UMKM di Kabupaten Bogor, termasuk mengadakan pelatihan digital marketing, dengan mengundang narasumber yang ahli di bidangnya,” ujar Iwan. (bu/*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here