KH. Ujang Sa’duddin Nahkodai MUI Cigombong

0
24

Cigombong, BogorUpdate.com
Berkenaan dengan berakhirnya masa bakti Pengurus Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, pada Kamis (15/10/20) lalu Musyawarah Pimpinan Kecamatan (Muspika) setempat menggelar Musyawarah Cabang (Muscab).

Dalam penyampaiannya Camat Cigombong, Minarso mengatakan, bahwa MUI sebagai mitra utama dan sekaligus merupakan bagian dari Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan diharapkan senantiasa melakukan usaha-usaha peningkatan kualitas umat, antara lain dapat memberikan bimbingan dan tuntunan kepada ummat Islam agar tercipta kondisi kehidupan beragama yang bisa menjadi landasan yang kuat dan bisa mendorong terwujudnya masyarakat yang berkualitas (khaira ummah).

“Dan dapat nerumuskan kebijakan penyelenggaraan dakwah Islam, amar ma’ruf nahi munkar untuk memacu terwujudnya kehidupan beragama dan bermasyarakat yang diridloi oleh Allah SWT,” kata Camat Minarso saat ditemui Bogorupdate.com, Selasa (10/11/20).

Ia melanjutkan, adapun MUI bisa memberikan peringatan, nasehat dan fatwa mengenai masalah keagamaan dan kemasyarakatan kepada masyarakat dan pemerintah dengan bijak (hikmah) dan menyejukkan. Merumuskan pola hubungan keummatan, yang memungkinkan terwujudnya ukhuwah Islamiyah dan kerukunan antar umat beragama dalam memantapkan persatuan dan kesatuan bangsa, menjadi penghubung antara ulama dan umara (pemerintah) dan penterjemah timbal balik antara pemerintah dan umat guna mencapai masyarakat berkualitas (khaira ummah) yang diridhai Allah SWT (baldatun thayyibatun wa rabbun ghafur).

“Serta meningkatkan hubungan serta kerjasama antara organisasi, lembaga Islam dan cendekiawan muslim, serta menciptakan program-program bersama untuk kepentingan umat,” paparnya.

Selain itu, sambungnya, usaha atau kegiatan lain yang sesuai dengan tujuan organisasi. Selain hal di atas, dalam kondisi pandemik Covid-19. Baginya, peran ulama sangat strategis untuk memberikan pencerahan kepada umat dalam melaksanakan ibadah dan kegiatan keagamaan dengan harapan pelaksanaannya tetap khusu dan sesuai dengan protokol kesehatan.

“Serta menjadi garda terdepan untuk membumikan 4 M, yaitu memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, dan melantunkan doa,” tukasnya.

Dalam muscab tersebut, secara aklamasi terpilih K.H. Ujang Sa’duddin sebagai Ketua MUI Kecamatan Cigombong masa bakti 2020-2025.

 

 

 

 

 

(Rul/Bing)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here