Type to search

Home News Otomotif

Tahun Ini, Toyota Yaris Crossover Dipastikan Muncul

Share

BOGORUPDATE.COM – Pemberitaan Toyota membuat Yaris versi crossover benar adanya. Namun, mobil ini baru diniatkna untuk pasar Eropa saja. Toyota telah mengonfirmasi hal ini, meski tanpa menyebutkan nama. Mereka hanya mengatakan, modelnya memiliki posisi berkendara yang tinggi.

Selain itu, Toyota menjelaskan kendaraan anyar untuk pasar Eropanya menggunakan platform GA-B. Ini ditujukan untuk mobil kecil, seperti Yaris baru. Platform ini diklaim memberikan pengalaman berkendara yang lebih percaya diri dan alami. Hal itu dapat dicapai berkat berbagai setelan yang diberikan. Seperti kekakuan basis yang lebih mantap, sambil mempertahankan bobot dan ongkos produksi.

Lalu sistem suspensi MacPherson strut depan yang dilengkapi damper rendah gesekan dan beberapa variasi tipe per. Sementara suspensi belakang bisa disesuaikan tipe mobil, baik itu menggunakan torsion beam atau multi-link. Terakhir, GA-B menempatkan posisi duduk pengemudi rendah dan sedikit ke belakang. Ini membantu mereduksi titik tengah gravitasi mobil. Sekaligus membuat pengemudi mendapatkan sudut terbaik ketika menggenggam kemudi.

Kabarnya, model ini tak sekadar mendapat ubahan kosmetik, agar mendapat tampilan garang khas crossover. Tapi pabrikan memberikan wujud yang benar-benar berbeda, termasuk pula konstruksi di dalamnya. Hal itu tentu akan memengaruhi performa. Namun, belum ada informasi lebih jelas.

Pengumuman teaser sketsa crossover Toyota menunjukkan, ia bakal memiliki tubuh berotot dan sedikit lebih besar dari Yaris standar. Tapi ukurannya tak akan melebihi C-HR. Mengingat minggu lalu ada laporan, posisinya ditempatkan di bawah SUV crossover kompak itu, terkait dimensi dan harga. Bagaimana dengan jantung pacu? Lagi-lagi, pabrikan masih menutup rapat dapur pacu apa yang disematkan. Muncul dugaan, ia bakal disajikan juga dalam versi hybrid.

“Konsumen tak akan menunggu lama untuk bisa melihat desain finalnya. Ia tak hanya sekadar Yaris dengan body cladding dan suspensi yang ditinggikan, tapi benar-benar baru dan model B-SUV khusus dengan karakter kompak, dinamis, serta punya karakternya sendiri,” ucap Matt Harrison, Executive Vice President Toyota Europa dalam keterangan resmi.

Toyota turut mengungkapkan, crossover terbaru meluncur tahun ini, dan akan diproduksi di pabrik Toyota Motor Manufacturing France (TMMF) di Onnaing, dekat Valenciennes, Prancis. Di tempat itu juga menjadi basis produksi Yaris baru. “Model ini akan menambah kesuksesan Yaris di Eropa. Kami juga memperkirakan kendaraan ini bakal menambah volume penjualan Toyota di Eropa sekitar 30 persen hingga 2025,” tambah Harrison. (Otosia)

 

 

 

 

 

Editor : Endi

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: