Pemkot Bogor Peringati HUT PMI Ke-72

Kota Bogor – BogorUpdate

Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Palang Merah Indonesia (PMI) ke-72 tingkat Kota Bogor 2017 digelar di Plaza Balaikota Bogor, Senin (18/9/17). Upacara HUT PMI ini dipimpin oleh Asisten Perekonomian, Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat (Asperbangkesra) Setda Kota Bogor Edgar Suratman mewakili Wali Kota Bogor Bima Arya.

Dalam sambutannya Edgar menyampaikan bahwa PMI lahir satu bulan setelah hari Kemerdekaan Republik Indonesia, karena itu ia juga ingin mengumandangkan seruan merdeka. Yakni merdeka dari bencana, merdeka dari permasalahan kesehatan, merdeka dari persoalan sosial.

“Namun kenyataannya kemerdekaan masyarakat masih terhalang oleh berbagai peristiwa bencana, masih banyak masyarakat di beberapa wilayah di tanah air yang terkena dan terancam dampak bencana mulai dari letusan gunung api, banjir, longsor, kekeringan, kebakaran dan bencana karena kemiskinan,” kata Edgar yang membacakan sambutan Ketua PMI Pusat Ginandjar Kartasasmita.

Akibat dampak dari bencana yang terjadi, tidak sedikit masyarakat yang kehilangan anggota keluarga, kerabat maupun harta benda dan hidup dibawah martabat kemanusiaan. Dengan tema Membangun Masyarakat Tangguh, peringatan Hari PMI Ke-72 Tahun 2017 dimaksudkan sebagai pendorong bagi kita sebagai insan pekerja kemanusiaan untuk terus dan tidak henti-hentinya tanpa kenal lelah untuk membantu masyarakat.

“Utamanya melalui kegiatan-kegiatan pengurangan resiko bencana dan mengatasi masalah-masalah sosial serta kesejahteraan masyarakat. Ini harus menjadi budaya kita agar masyarakat selalu siap siaga dan tumbuh menjadi masyarakat yang tangguh terhadap bencana yang dapat diakibatkan oleh berbagai peristiwan dan kondisi,” jelas Edgar yang juga menjabat sebagai Ketua PMI Kota Bogor.

Edgar mengakui, hal ini memang tidak mudah karena itu Palang Merah Remaja (PMR) bertekad untuk senantiasa meningkatkan dan mempererat kerjasama dengan semua pihak, untuk membangun masyarakat yang dapat melakukan upaya-upaya, pencegahan dan pengurangan resiko bencana secara mandiri serta memperkuat ketahanan sosial masyarakat.

Pada upacara tersebut penghargaan dan apresiasi diberikan kepada pihak-pihak yang telah membantu dan membaktikan tenaga, pikiran serta waktunya untuk melakukan upaya pelayanan dan pekerjaan terbaik kepada masyarakat dalam rangka mewujudkan PMI yang profesional mandiri berkarakter dan dicintai mayarakat, diantarnya PDAM Tirta Pakuan, PT.Good Year, UIKA Bogor, Gereja Katedral. Gereja Kristus dan Vihara Budhasena.

Turut hadir dalam upacara peringatan HUT PMI Ke-72, jajaran Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor, perwakilan unsur Musyarah Pimpinan Daerah (Muspida) Kota Bogor, pengurus PMI Kota Bogor, Korps Suka Rela (KSR) dan para anggota PMR dari perwakilan sekolah di Kota Bogor. (Rie)

 

 

Editor: Tobing

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *