Inilah Cara Memutihkan Gigi Perokok, Yuk Dicoba

Gigi Putih. (Pixabay)

, BogorUpdate.com – Bagi anda seorang pasti mengalami perubahan warna gigi. Yuk kita ulas .

merupakan kebiasaan buruk bagi kesehatan, termasuk gigi dan mulut. Biasanya, keluhan yang sering dialami perokok adalah . Hal ini pasti membuat tidak percaya diri, bukan?

cenderung menguning karena pengaruh nikotin dan tar di dalam rokok. Ketika rokok diisap atau sekadar diletakkan di dalam mulut, nikotin dan tar dapat masuk ke rongga mulut dan lapisan terluar gigi, yaitu email. Inilah yang mengakibatkan gigi tampak lebih kuning.

Bila kebersihan mulut buruk, noda dari rokok dapat menumpuk dan bercampur dengan karang gigi. Akibatnya, warna gigi akan berubah menjadi kuning kecokelatan atau bahkan lebih gelap.

Untuk membantu menghilangkan noda pada permukaan gigi, ini cara memutihkan gigi perokok yang bisa Anda coba:

1. Sikat Gigi Teratur
Sikat gigi yang dianjurkan dilakukan selama dua menit dengan tepat. Menyikat gigi langsung setelah merokok dapat mengurangi waktu untuk nikotin dan tar dari rokok berada di permukaan gigi dan gusi, sehingga mencegah gigi tidak cepat menguning.

Bersihkan juga sela-sela gigi dengan dental floss. Tak lupa, bersihkan lidah secara rutin untuk membantu membuat napas lebih segar.

2. Gunakan Pasta Gigi Pemutih
Menggunakan pasta gigi pemutih dengan bahan aktif dan abrasif seperti silika dan kalsium fosfat dapat membantu membersihkan sisa makanan dan bakteri. Pasta gigi ini juga menghilangkan noda akibat nikotin dan tar rokok, sehingga gigi perokok tampak lebih putih.

Namun, penggunaannya tidak dapat mengubah warna alami pada gigi, hanya membersihkan permukaan giginya.

3. Gunakan Baking Soda
Selanjutnya, cara memutihkan gigi kuning akibat rokok adalah menyikat gigi dengan baking soda ditambah beberapa tetes hidrogen peroksida.

Campurkan kedua bahan tersebut hingga berbentuk seperti pasta, lalu gunakan pasta tersebut untuk menyikat gigi. Gosoklah dengan lembut permukaan gigi selama tiga puluh detik.

Lakukan selama satu minggu berturut-turut, Anda akan mulai melihat hasilnya. Beri jeda waktu satu bulan sebelum mengulanginya lagi agar gigi tidak rusak.

4. Periksa Gigi Rutin
Pemeriksaan gigi secara teratur enam bulan sekali penting dalam usaha menghilangkan noda jangka panjang dan karang gigi.

Namun, perokok berat sebaiknya perlu berkonsultasi mengenai jangka waktu kunjungan rutin yang sesuai untuk kondisi tersebut. Diskusikan juga bagaimana cara menghilangkan gigi kuning karena rokok.

5. Lakukan Pemutihan di Dokter Gigi
Jika sudah mencoba beberapa pilihan perawatan rumahan untuk memutihkan gigi perokok namun belum berhasil, perawatan profesional oleh dokter gigi bisa menjadi solusinya.

Misalnya, lakukan teeth whitening atau bleaching gigi oleh dokter gigi. Sebelumnya, Anda harus berkonsultasi dulu supaya hasil pemutihan gigi bisa maksimal.

6. Gunakan Larutan Kumur
Berikutnya, cara memutihkan gigi perokok adalah berkumur dengan larutan yang mengandung hidrogen peroksida.

Selain dapat memutihkan, larutan itu juga dapat menghilangkan kuman di mulut dan menjaga kesehatan gusi agar terhindar dari penyakit.

Caranya, cukup dengan berkumur selama satu menit lalu bilas dengan berkumur air putih.

7. Pilih Makanan dan Minuman yang Tepat
Selain rokok, ternyata beberapa makanan dan minuman bisa menyebabkan gigi kuning, lho. Kopi, soda, dan makanan yang asam lainnya bisa membuat perubahan warna gigi tambah kuning, sehingga tidak boleh dikonsumsi terlalu sering.

Lebih baik, makan makanan kaya vitamin, protein, kalsium, dan serat untuk menyehatkan gigi dan gusi, sekaligus menjaga warna gigi tetap putih bersih.

Beberapa contoh makanannya yaitu keju, sayuran hijau, apel, wortel, batang seledri, dan kacang almond.

Noda pada gigi akibat nikotin dan tar umumnya bersifat ekstrinsik, artinya noda tersebut dapat dihilangkan. Namun, bila sudah melekat erat, tentu akan lebih sulit dihilangkan.

Jadi, Anda yang perokok perlu menempuh cara memutihkan gigi kuning akibat rokok di atas untuk mendapatkan kembali warna gigi yang putih bersih. Alangkah lebih baik bila Anda berhenti merokok.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *