Satgas Distribusikan 100 Oksigen Konsentrator ke Seluruh RS

0
30

Kota Bogor, BogorUpdate.com
Ketua Satgas Covid-19 Kota Bogor Bima Arya mendistribusikan 100 unit oksigen konsentrator bantuan dari Menko Kemaritiman dan Investasi yang juga Koordinator PPKM Jawa-Bali Luhut Binsar Panjaitan.

Bima mengaku, 100 unit oksigen konsentrator tersebut dibagikan kepada seluruh rumah sakit di Kota Bogor, masing-masing 5-6 unit untuk tahap pertama.

“Hari ini Satgas mulai membagikan 100 unit oksigen konsentrator bantuan dari Pak Luhut kepada rumah sakit yang membutuhkan untuk pasien gejala ringan. Nanti akan Ada tambahan lagi, Insya Allah,” ungkap Bima kemarin.

Menurut Bima, kebutuhan oksigen di rumah sakit Kota Bogor masih tinggi, namun pasokan masih belum maksimal. Satgas terus berikhtiar menambah pasokan tabung oksigen melalui berbagai sumber bantuan.

“Insya Allah konsentrator ini ada manfaatnya untuk mengatasi kebutuhan oksigen, mengurangi gejala yang memburuk dari pasien. Siang tadi saya serahkan ke RS Ummi, RS Islam, RS Salak, RSIA Sawojajar, menyusul RS lainnya,” jelas dia.

Bima mengatakan, oksigen konsentrator ini dapat mengonversi udara menjadi oksigen medis hanya dengan disambungkan ke aliran listrik.

Masih kata dia, bahwa alat tersebut memiliki kapasitas 5-10 liter per menit sehingga dapat menggantikan peran tabung oksigen di ruang-ruang isolasi di rumah sakit.

“Apabila stok bertambah nanti, Insya Allah alat ini juga bisa dipinjamkan bagi warga yang membutuhkan di pusat isolasi ataupun di rumah mereka masing-masing,” tandasnya.

Sebelumnya, PT Pupuk Kujang Cikampek juga memberikan bantuan oksigen medis kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor melalui RSUD Kota Bogor untuk penanganan Covid-19.

“Alhamdulillah, hari ini RSUD Kota Bogor mendapatkan bantuan oksigen dari PT Pupuk Kujang Cikampek, volumenya 3 – 4 ton,” ujar Bima.

Bima menuturkan, saat ini semua menghadapi kondisi siaga, karena kelangkaan stok oksigen. Sebelumnya Krakatau Steel sudah berjalan dua kali membantu dengan volume kurang lebih 100 tabung.

Bantuan oksigen dari PT Pupuk Kujang Cikampek, tegas Bima Arya sangat membantu mengingat persediaan yang ada semakin menipis dan bantuan oksigen yang diterima diakuinya akan habis dalam hitungan hari saja.

Apresiasi disampaikannya kepada PT Pupuk Kujang atas CSR bantuan oksigen, karena sangat membantu untuk menyelamatkan banyak pasien yang membutuhkannya.

 

 

 

 

 

(As/Bing)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here