IPB University dan Pemkab Ogan Komering Ulu Jalin Kerjasama, Ini Yang Disepakati

0
35

Dramaga, BogorUpdate.com
IPB University bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ogan Komering Ulu. Kerjasama ini tertuang dalam Nota Kesepahaman yang ditandatangani oleh Rektor IPB University, Prof Arif Satria dan Pelaksana Tugas (plt) Bupati Ogan Komering Ulu, Drs Edward Chandra, MH, Pada Jumat (4/6/21) lalu di kampus IPB University di Dramaga, Bogor.

Lingkungan kerja meliputi pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dalam rangka pembangunan Kabupaten Ogan Komering Ulu

Dalam kesempatan tersebut juga dilakukan penandatanganan kontrak kesepakatan (PKS) terkait seminar dan pelatihan bagi guru Taman Kanak-Kanak (PAUD).

Rektor IPB University, Prof Arif Satria menyebut kerjasama ini mendorong inovasi IPB University secara maksimal untuk meningkatkan upaya pertanian lokal. Inovasi yang diberikan IPB University, kata Prof Arif, diharapkan bisa menjadi inspirasi bagi masyarakat sekitar.

Ia mencontohkan pengelolaan sampah di Kampus IPB University Dramaga. Sampah-sampah di kampus diolah secara mandiri, dan akhirnya dijadikan kompos. Langkah ini diharapkan bisa menjadi inspirasi bagi pemerintah daerah dalam mengelola sampah di wilayahnya.

“Saya berharap kerjasama ini dapat berjalan dengan lancar. Tidak hanya di tingkat Fakultas Ekonomi dan Manajemen, tapi ini bisa kita kembangkan ke bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat,” ujar Prof Arif.

Sementara itu, Plt Bupati Ogan Komering Ulu, Drs Edward Chandra, MH menyebutkan bahwa Kabupaten Ogan Komering Ulu memiliki potensi sumber daya alam yang sangat besar, khususnya di bidang pertanian.

“Ada potensi Ogan Komering Ulu yang bisa dikerjasamakan dengan perguruan tinggi seperti IPB University sebagai gudang inovasi. Di sini kita bisa belajar banyak, seperti jagung yang bisa diolah menjadi produk bernilai tambah, atau beras analog,” kata Edward.

Ia menyadari bahwa Kabupaten Ogan Komering Ulu membutuhkan dukungan perguruan tinggi sebagai sumber peneliti dan inovasi. Dengan dukungan tersebut, ia yakin pembangunan dapat dipercepat di seluruh Indonesia.

 

 

 

 

 

(ipb/rie)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here