IDI Kabupaten Bogor Kumpul di IPB University Gelar Workshop Doctorpreneurship untuk Mahasiswa FK

Dramaga, BogorUpdate.com – Untuk pertama kalinya di , Ikatan Dokter Indonesia () Kabupaten Bogor memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-73 IDI di Kampus Dramaga, belum lama ini.

Perayaan tersebut dikemas dengan nama IDI Goes to Campus dalam acara Workshop Doctorpreneurship untuk mahasiswa Fakultas Kedokteran (FK) IPB University.

Wakil Rektor IPB University bidang Pendidikan dan Kemahasiswaan, menyampaikan, tema ‘doctorpreneurship’ yang diangkat merupakan konsep yang relevan dengan situasi saat ini. Yakni perpaduan menarik antara dunia kedokteran dan kewirausahaan.

“Doctorpreneurship adalah sebuah konsep yang relevan di era ini. Mudah-mudahan menjadi sebuah gerakan di mana para dokter tidak hanya penyedia layanan kesehatan, tetapi juga berperan sebagai pengusaha dan wirausahawan dalam dunia kesehatan,” ungkapnya.

Menurut Prof Deni, kondisi dunia yang terus berubah, dokter yang mampu memadukan keahlian medis dan dunia kewirausahaan tentu akan memiliki peran yang sangat penting dalam memajukan sektor kesehatan. Kondisi tersebut niscaya dapat meningkatkan aspek pelayanan medis dan menciptakan inovasi yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

“Acara ini adalah langkah awal dalam memahami konsep doctorpreneurship dan bagaimana rekan-rekan dokter sebagai komunitas medis dapat berkontribusi dalam hal ini,” lugasnya.

Penanggung Jawab sementara (PJs) Dekan FK IPB University, Prof Srihadi Agung Priyono mengatakan pentingnya jalinan kerja sama dengan IDI dan rumah sakit umum. Hal itu agar semua pihak dapat saling memahami dan saling memberi wawasan.

“Usia 73 tahun merupakan usia yang matang dalam sebuah organisasi. Kami di IPB University secara paralel juga mempersiapkan untuk mewujudkan pendidikan berkualitas dengan dukungan kuat dari IDI dan rumah sakit umum. Selain itu, perguruan tinggi sangat mengisyaratkan perlu adanya dosen dari luar, sehingga ini akan kami terus upayakan,” ujarnya.

Dr Kornadi, Ketua IDI Kabupaten Bogor dalam sambutannya berpesan kepada mahasiswa FK IPB University angkatan pertama yang hadir untuk terus meningkatkan pengalaman dan wawasan.

“Saya harapkan mahasiswa dapat aktif. Gunakan kesempatan untuk berkomunikasi dan membangun jejaring,” harapnya.

Ketua panitia penyelenggara IDI Goes to Campus, Dr Encep Abdul Wahab menuturkan, acara ini merupakan salah satu dari rangkaian acara HUT ke-73 IDI. Tahun ini, perayaannya akan dimeriahkan dengan berbagai acara seperti roadshow ke sekolah, kajian Islam, diskusi kesehatan secara online, kegiatan bakti sosial di beberapa titik, jalan sehat, screening kesehatan, donor darah dan pemberian penghargaan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *