Giliran Ibu Hamil di Vaksin

  • Bagikan

Ciawi, BogorUpdate.com
Pencanangan vaksinasi Covid-19 bagi ibu hamil (bumil) di mulai, seperti di Kecamatan Ciawi yang berlokasi di RSUD Ciawi.

Dalam vaksinasi ini, vaksin yang digunakan adalah Moderna. Dengan data 2021, sebanyak 120 ribu ibu hamil ditargetkan mendapatkan vaksin.

Hadir pula pada pencanangan vaksinasi tersebut, Kapolres Bogor, AKBP Harun, perwakilan Satgas Covid-19 Jawa Barat, perwakilan IDI, serta jajaran Pemkab Bogor.

Bupati Bogor, Ade Yasin menjelaskan, Pemkab Bogor terus mempercepat akselerasi vaksinasi Covid-19. Hari ini sasaran prioritasnya adalah kelompok ibu hamil. Namun bagi bumil yang usia kandungannya di bawah 13 Minggu belum boleh divaksin, karena masih rawan.

“Jika kehamilannya ada gejala-gejala seperti kaki bengkak, nyeri ulu hati, sakit kepala hebat, lalu tensi darah di atas 140 itu juga belum boleh,” terang Ade kepada wartawan, Kamis (26/08/21).

Ade menjelaskan, untuk tensi darah bisa diturunkan. Jadi setelah turun, kemudian jika kaki bengkak, sakit kepala sudah hilang bisa di vaksin.

“Insyaallah aman, selama ibu hamil tersebut tidak memiliki komorbid atau riwayat penyakit jantung, diabetes, atau yang perlu dikonsultasikan maka boleh di vaksin,” jelasnya.

Data yang dihimpun, semua sudah lolos screening, mereka para Bumil diketahui sehat-sehat. Selain itu, karena hari ini baru mulai peluncuran, jadi dilakukan secara massal di sentra vaksinasi.

“Selanjutnya bisa dilaksanakan di Puskesmas-Puskesmas terdekat atau di rumah sakit-rumah sakit terdekat. Bisa juga dilaksanakan di beberapa tempat lain yang sudah di tentukan,” paparnya.

Dari pantauan, banyak yang berpartisipasi mengikuti program vaksinasi ini. Selain ibu hamil, sasaran vaksinasinya adalah masyarakat dan keluarga dari tenaga kesehatan.

“Diharapkan dengan vaksinasi untuk bumil ini, dapat mengurangi risiko dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

 

 

 

 

(Cek/bing)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.