Ditengah Pandemi Covid-19, Camat dan Pemdes di Babakan Madang Kembali Gelar Jumsih

0
52

Babakan Madang, BogorUpdate.com
Guna mewujudkan lingkungan bersih dan sehat, Pemerimtah Kecamatan dan Pemerintah Desa beserta jajarannya dibantu masyarakat ikut andil secara bergotong royong dalam melakukan aksi Jumat Bersih di sepanjang jalan protokol, Kecamatan Babakan Madang, Jumat (3/7/2020).

Giat Jumat Bersih ini, dimulai pukul 08.00 WIB hingga selesai. Targetnya, sampah liar di sepanjang jalan dan saluran air. Untuk kali ini, jadwalnya di Desa Cijayanti dan Desa Kadumangu Kecamatan Babakan Madang.

Dalam kegiatan jumat bersih ini, di pimpin langsung oleh Camat Babakan Madang, Cecep Imam Nagarasyid yang diikuti langsung para staff Pegawai Kecamatan bersama Unsur Muspika Kecamatan serta Pemerintah Desa Cijayanti dan Desa Kadumangu.

“Iya sudah lama tak melakukan jumsih dan hari ini, kami mulai menjalankan program ini. Ini karena disituasi pandemi Covid -19 disibukan dan Fokus dengan aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB),” terang Cecep.

Giat Jumsih ini, kata Cecep, sudah menjadi program Kasie ketentraman dan ketertibaan (Trantib) Kecamatan Babakan Madang, yang dimatangkan dan direcanakan sebelumnya bersama penjabat (PJ) Kades Cijayanti dan Satpol PP di tambah satgas lingkungan tingkat kecamatan disinergikan dengan SGC Sentul.

“Allhamdulilah bersinergi dengan dilakukannya kegitan jumsih yang berjalan dengan baik,” paparnya.

Cecep melanjutkan, pelaksanaan Jumsih yang baru kembali dilaksanakan selama Pandemi Covid-19 ini, tidak kurang dari 50 orang, targetnya Jalan menuju Desa Cijayanti dan Desa Kadumangu.

“Dimulai terowongan kita bersihkan bersama, satu truk lebih sampah terangkat. Namun pihaknya menyayangkan karena masih rendahnya kesadaran masyarakat dalam menjaga lingkungan. Maka dari itu, kami terus melakukan pemberitahuan ke masyarakat yang ada disekitarnya untuk mau bekerjasama dalam menjaga lingkungan yang bersih dan sehat,” tukasnya.

Cecep berharap, dari aksi Jumsih ini masyarakat dapat termotivasi dan tidak membuang sampah sembarangan. Karena hal ini dapat merugikan semua pihak baik kesehatan maupun keindahan wilayah.

“Kedepannya, Insaalloh kita akan galakkan kembali pada program jumsih ini secara rutin setiap desa yang ada di Kecamatan Babakan Madang,” harapnya

Ditempat yang sama, Penjabat (PJ) Kepala Desa Cijayanti, mengatakan bahwa kegiatan Jumat Bersih dilakukan guna mendukung program pemerintah , selain dibantu pemerintah kecamatan, pihaknya juga melibatkan warga serta aparat Desa setempat agar tercipta lingkungan yang sehat dan bersih.

Selain itu, kegiatan ini diharapkan dapat menanamkan rasa cinta lingkungan dan kebersihan kepada masyarakat.

“Karena jika lingkungan bersih otomatis hidup juga akan menjadi sehat. Sesuai dengan program Bupati Bogor yakni Panca Karsa “Bogor Bersih”,” tukasnya.

Dirinya berharap tidak ada warga yang membuang sampah sembarang jika ingin lingkungan selalu bersih, sehat dan indah dipandang mata. Karenanya, peran serta masyarakat dalam menjaga lingkungan yang bersih sangat diutamakan.

“Kami juga berharap peran aktif masyarakat untuk membersihkan lingkungannya yang berdampak pada lingkungan kita sendiri, tentu mengingatkan kita dalam menjaga dan mencintai lingkungan,” pintanya.

Selanjutnya, setelah bersih-bersih, seluruh staff dan para pegawai Kecamatan Babakan Madang dan Pemerintah Desa Cijayanti, menjalankan Aktivitas/pelayanan masyarakat seperti hari biasanya.

Sementara itu, Warga terlihat antusias dengan kegiatan ini. Motivasi mereka tujuannya agar lingkungan warga bersih dari kotoran dan sampah.

“Karena menjaga kebersihan merupakan kewajiban dan tanggung jawab bersama,” pungkasnya. (cek)

 

 

 

 

Editor : Bing

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here