Calon Mahasiswa Baru IPB University Akan Ikuti Seleksi Secara Daring

0
59

Pendidikan, BogorUpdate.com
Sebagai salah satu kampus terbaik, IPB University terus mengembangkan sistem penerimaan mahasiswa baru. Setelah pada tahun lalu sistem seleksi penerimaan mahasiswa baru dilakukan secara digital, pada tahun ini kebijakan tersebut kembali diteruskan dengan penguatan sistem yang lebih handal.

Dr Nurhayati, Direktur Administrasi Pendidikan dan Penerimaan Mahasiswa Baru IPB University menyebutkan pemutakhiran sistem sudah dilakukan untuk mempermudah calon mahasiswa mendaftarkan diri.

“Setiap tahunnya IPB menerima mahasiswa multistrata, dari Diploma, Sarjana, Pendidikan Profesi, Program Magister hingga Doktor. Khusus calon pendaftar sarjana ada berbagai jalur masuk. Selain melalui jalur nasional SNMPTN dan SBMPTN, IPB University juga membuka jalur mandiri,” ujarnya dalam Talkshow SOSIS ICT IPB, Jumat (05/2/21) lalu.

Lebih lanjut ia menjelaskan, jalur mandiri IPB University untuk program Sarjana terdiri dari jalur Prestasi Internasional dan Nasional (PIN), jalur Ketua OSIS, Beasiswa Utusan Daerah (BUD), Ujian Tulis Mandiri Berbasis Komputer (UTMBK), dan Kelas Internasional.

Saat ini, program Sarjana di IPB University terdapat 34 program studi kelas reguler dan 5 program studi kelas internasional. Sementara untuk program Diploma, jalur masuknya antara lain Undangan Seleksi Masuk IPB (USMI), jalur Ujian Tulis Mandiri Berbasis Komputer (UTMBK) dan Jalur Kerjasama.

Menurutnya, selama dua tahun terakhir sistem penerimaan mahasiswa baru sudah bertransformasi dari manual ke digital. “Media seleksi berbasis web, membuat pendaftar seluruhnya diarahkan ke website admisi.ipb.ac.id untuk berbagai layanan dan informasi. Saat ini seluruh tahap pendaftaran mulai dari seleksi hingga verifikasi berkas bisa dilakukan dari rumah,” ungkap Dr. Nurhayati

Sementara itu, Dr Utami Dyah Syafitri, Asisten Direktur Penerimaan dan Registrasi Mahasiswa Baru, Direktorat Administrasi Pendidikan dan Penerimaan Mahasiswa Baru menambahkan bahwa, mahasiswa yang dinyatakan diterima masuk IPB University akan melakukan verifikasi berkas secara daring. Setelah proses registrasi selesai, mahasiswa baru bisa mengunduh aplikasi IPB Mobile for Student. Melalui aplikasi tersebut, mahasiswa dapat mengakses berbagai informasi dan fasilitas perkuliahan di IPB University. Misalnya, informasi akademik dan pengembangan softskill, akses fasilitas mahasiswa dan berbagai informasi lainnya.

“Mahasiswa baru tidak perlu datang ke kampus untuk melakukan registrasi. Semenjak tahun 2020, seluruh pendaftar yang diterima masuk IPB sudah bisa melakukan proses registrasi secara daring. Tahun ini juga berlaku hal yang sama. Kami juga membuka banyak jalur komunikasi, salah satunya juga bisa melalui aplikasi Whatsapp. Semua informasi ini bisa didapatkan di website admisi.ipb.ac.id,” ungkap Dr Utami.

Ia menegaskan, pengembangan sistem informasi pendaftaran ini dilakukan untuk merespon kondisi pandemi. Meskipun secara daring, proses seleksi dan pendaftaran dilakukan secara ketat dan kredibel. IPB University terus berkomitmen untuk mencetak lulusan yang berkualitas untuk kemajuan bangsa. Komitmen ini sudah dimulai semenjak proses seleksi. Berbagai inovasi terus dilakukan untuk meningkatkan kualitas proses seleksi mahasiswa baru.

 

 

 

 

 

 

(ipb/bu)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here