Bumdes Sukahati Panen Perdana Tanaman Kangkung, Begini Prosesnya

0
64

Citeureup, BogorUpdate.com
Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Sehati Desa Sukahati Kecamatan Citeureup, hari ini melakukan panen perdana tanaman sayuran jenis kangkung hidroponik, bertempat di Sekretariat Bumdes Sehati Kampung Tegal Jambu jalan menuju Rancamanyar, Jumat (11/6/21).

Dalam giat panen perdana tersebut, tampak hadir Camat Citeureup Ridwan Said dan Pemdes Sukahati Seperti Kades Endang Gunawan dan Sekdes Antoni.

“Hari ini kita melakukan panen perdana tanaman jenis sayuran kangkung sekitar 75 kilo gram dari 2000 lubang. Panen jenis tanaman ini sudah bisa dipanen dalam umum Dua minggu,” kata Ketua Bumdes Sehati, Bambang Setiadi kepada wartawan.

Menurut Bambang, unit usaha pertanian hidroponik, merupakan salah satu unit usaha dari beberapa unit usaha yang diharapkan bisa menjadi pendapatan reguler Bumdes Sehati.

“Banyaknya pesanan dari pasar terutama untuk skala swalayan, hal ini membuka peluang bagi siapa saja untuk bisa berinvestasi di pertanian hidroponik,” jelasmya.

Panen perdana, lanjut Bambang sengaja disedekahkan untuk yang hadir agar bisa merasakan dan membedakan antara sayur biasa dan sayur hidroponik.

“Alhamdulillah yang hadirpun antusias dan bisa merasakan hasilnya. Saya pun berharap kedatangan para tamu bisa menjadi motivasi tersendiri bagi pengurus Bumdes agar ke depan bisa lebih eksis dan produktif dan kedepan kita berencana akan melakukan pemasaran hasilnya ke swalayan seperti Superindo,” terangnya.

Pemdes Sukahati yang diwakili Kepala Desa H Endang Gunawan dan Sekdes Antoni menyambut baik dan ikut senang dengan perkembangan Bumdes Sehati yang progres.

“Saya merespon baik program Bumdes Sehati, meski pelan tapi selalu berjalan baik,” kata Endang.

Hal serupa dikatakan Camat Citeureup Ridwan Said, dalam sambutannya mengaku sangat mengapresiasi panen perdana sayuran hidroponik milik Bumdes Sehati ini.

“Semoga hasil program dari panen perdana kangkung hidroponik ini, diharapkan bisa menjadi percontohan bagi desa desa yang lain,” terang Ridwan.

Untuk diketahui, Bumdes Sehati pada tahun 2019 menggandeng Posyantek Desa Sukahati dalam lomba TTG (Teknologi Tepat Guna) pada tahun 2019 yang diselenggarakan DPMD Kabupaten Bogor dan berhasil meraih juara 2.

 

 

 

 

 

(cek/bing)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here