15 Desa di Cigudeg Dibina Sekcam

0
83

Cigudeg, BogorUpdate.com
Dalam rangka meningkatkan kapasitas Aparatur perangkat desa, di 15 Desa, Pemerintah Kecamatan Cigudeg Kabupaten Bogor, melakukan pembinaan tertib administrasi kepada seluruh kades dan perangkat desa tentang tata kelola penyusunan administrasi Pemerintahan Desa sesuai dengan siklus Perencanaan dan Pengelolaan Keuangan Desa.

Sekcam Cigudeg Moch. Sobar Mansoer mengatakan, maksud dari pembinaan administrasi adalah agar Kepala Desa dan Perangkat Desa memahami akan pentingnya penguasaan administrasi sebagai modal untuk melaksanakan tugas pokok dan fungsinya dalam rangka memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat.

Dia menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat terkait dengan kewajiban yang harus diselesaikan oleh Desa pada tiap-tiap Tahun.

“Administrasi Pemerintahan Desa bisa disebut sebagai manajemen penyelenggaraan Pemerintahan dan Pembangunan Desa, yang meliputi Pengelolaan penyelenggaraan pemerintahan desa, juga mencakup perencanaan pemerintahan, pengorganisasian atau kelembagaan pemerintahan, serta penggunaan sumber-sumber daya,” terangnya kepada wartawan, Senin (21/6/21)

Lanjut Sobar, sudah ada enam Desa yang mendapatkan jadwal pelaksanaan pembinaan Administrasi Desa oleh Pemerintah Kecamatan Cigudeg. Diantaranya desa Banyuasih, Banyuresmi, Banyuwangi, Bunar, dan Mekar Jaya.

Dijadwalkan melaksanakan pembinaan Administrasi Desa akan berlanjut hingga semua desa yang ada dikecamatan cigudeg. “Ini sudah kewajiban Pemerintah Kecamatan Cigudeg sebagai fungsi Pembinaan, pengawasan dan fasilitator untuk melaksanakan Pembinaan Administrasi Desa,” jelasnya.

“Saya berharap pembinaan ini bisa dapat diterapkan dengan tertib dan Disiplin Anggaran, Partisipatif. Kepatuhan terhadap aturan juga, dan ini merupakan unsur penting dalam pengelolaan Keuangan Desa. Regulasi semakin ketat mengharuskan setiap rupiah harus dipertanggungjawabkan,” tegasnya.

Sementara itu Kepala Desa Mekar Jaya Ismail Abraham mengatakan, Ia sangat apresiasi dan antusias dengan Pembinaan Administrasi Desa yang dilakukan oleh Pemerintah Kecamatan Cigudeg. ini bagian dari upaya meningkatkan kualitas kinerja Pemerintahan Desa.

“Mohon nanti untuk semua Kaur, Kasi, juga Kepala Dusun yang berada di Pemerintahan Desa Mekar Jaya, ikuti dan cermati apa yang diarahkan oleh Tim Pembinaan Administrasi Desa oleh Pemerintah Kecamatan Cigudeg, agar kedepan nya perangkat desa dapat mengerti, sehingga dapat meningkatkan kinerja perangkat desa Mekar Jaya lebih baik lagi,” pungkasnya.

 

 

 

 

 

(Gus/Bing)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here