Puskesmas Karadenan Lakukan Tes Cepat ke 70 ODP dan ODR

Cibinong, BogorUpdate.com
Sebanyak 70 Orang Dalam Pantauan (ODP) dan Orang Dalam Resiko (ODR) di Puskesmas Karadenan, Kelurahan Karadenan, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor, melakukan Rapid Test Virus Korona atau Covid-19. Dalam pengecekan Rapid Test Covid-19, hadir Bupati Bogor, Ade Yasin dan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor, Mike Kaltarina.

“Hari ini tes cepat kedua, masih kita lakukan untuk ODR dan ODP, sebanyak 70 orang yang dites,” kata Ade Yasin saat ditemui di Puskesmas Karadenan, Kamis (26/3/2020).

Ia menjelaskan, pada Rapid Test Covid-19 yang dilaksanakan Rabu (25/3/2020) kemarin, sebanyak 320 Pasien Dalam Pengawasan (PDP) di rumah sakit yaitu RSUD Cibinong, Ciawi, Leuwiliang dan Cileungsi sudah di tes. “Kemarin kan yang sudah masuk itu 320 yang PDP. Ditambah ODP, hari ini ODP, datanya belum masuk. Tapi kan mungkin ODP. Karena, datanya kan sudah ada,” jelasnya.

Menurutnya, saat ini sebanyak 165 tenaga medis. Lebih lanjut, pada Tes Cepat Covid-19 yang dilakukan di empat RSUD di Bogor, ada satu orang yang dinyatakan positif Covid-19. Yaitu warga Parung Panjang jenis kelamin perempuan usia 15 tahun.

“Jadi orang yang baru pulang dari luar negeri atau yang memang lebih banyak berhubungan dengan orang-orang yang daerah-daerah yang mungkin lebih banyak endemik ya. Dan orang yang lingkar positif. Jadi di sini kan lebih dulu satu orang masuk dan positif, gitu ya,” Lanjutnya.

Untuk targetnya sendiri, Pemkab Bogor akan melakukan Rapid Test Covid-19 bertahap. Hal itu karena membuat pengetesan secara kondusif.

“Harus diselesaikan ya karena mengumpulkan orang, beberapa tempat serentak juga khawatir ya, nanti kekurangan dokter atau apa. Jadi kita untuk tugas, tapi kita sengaja tidak di dalam satu tempat karena itu menghindari penumpukan orang. Jadi jika sistemnya begini, satu orang datang mencari , satu datang lebih, dikawal. Jadi lebih rapi dan lebih kondusif, “tukasnya. (Ra)

 

 

 

 

 

Editor : Endi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *