Wawww, Toyota Siapkan Kendaraan Penjelajah Bulan

 

BOGORUPDATE.COM – Jepang berambisi mengirim orang ke luar angkasa dan Toyota ingin membantunya. Caranya, menciptakan kendaraan untuk dipakai menjelajah bulan. Toyota Motor Corporation mengumumkan kerja samanya dengan Japan Aerospace Exploration Agency (JAXA), untuk meneliti dan mengembangkan kendaraan kelana bulan.

 

Sebelumnya sudah pernah diumumkan oleh JAXA, Jepang berencana mengirimkan orang ke bulan pada 2030. Kali ini lebih jelas rencana kendaraan yang ingin dibuat, lengkap dengan gambar konsepnya. Kendaraan untuk menjelajah muka bulan, Toyota menggunakan teknologi fuel cell (FCV) dengan tenaga penggerak elektrik.

 

Dengan teknologi FCV Toyota, kendaraan itu bakal punya emisi nol karena tak memakai bahan bakar sama sekali. “Fuel cell yang memakai generator tenaga bersih, hanya menghasilkan zat buang air. Dan karena kepadatan energinya tinggi, bisa menyediakan banyak energi, menjadikannya sangat ideal untuk proyek yang sedang dibahas dengan JAXA,” kata Shigeki Terashi, Executive Vice President TMC. Dengan bekal teknologi itu, dikatakan kendaraan bisa menjelajah dengan jarak lebih dari 10.000 km (10.916 km angka tepatnya).

 

Kendaraan itu bakal menghadapi kondisi ekstrem di bulan, seperti gaya gravitasi yang hanya 1/6 dari bumi. Medan jalan yang harus dihadapi termasuk kawah, tebing dan perbukitan. Lebih lagi, harus bisa tahan terhadap radiasi dan kondisi suhu yang jauh lebih keras ketimbang di bumi.

 

Detail soal kendaraan yang dirilis masih terbatas. Dimensi panjang mencapai 6 meter, tinggi 3,8 meter dan kabin yang mencapai luas 13 meter kubik. Didesain dengan akomodasi untuk dua orang sebagai basis reguler dan bisa empat orang kalau kondisi darurat.

 

Tampilan konsepnya, kendaraan jelajah bulan Toyota memakai grille yang mengingatkan FJ Cruiser. Desainnya tak asing, seperti yang biasa dijumpai pada film bergenre fiksi ilmiah soal penjelajahan luar angkasa.

 

Menurut Koichi Wakata, Vice President dari JAXA, mereka berencana meluncurkan kendaraan itu ke luar angkasa pada 2029, sebelum misi eksplorasi di tahun berikutnya. “Untuk penjelajahan yang lebih luas, mobil kelana yang dapat menjelajah sampai lebih dari 10.000 km di lingkungan seperti itu memang sangat dibutuhkan. Konsep space mobility dari Toyota memenuhi syarat dari misi itu,” ungkap Wakata dalam keterangan resmi, dilansir dari laman situs Carscoops.

 

“Saya sangat senang pada proyek ini, harapan telah ditempatkan pada daya tahan yang dikembangkan dan performa berkendara dari kendaraan Toyota dan teknologi fuel cell kami,” tutup CEO TMC, Akio Toyoda.

 

 

 

 

 

Editor : RFR

Sumber : Toyota, Oto.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.