Pemkot Siap Turunkan Bantuan Natura Untuk Korban Banjir Bandang

 

BogorUpdate.com – Banjir Bandang yang melanda dua kampung di Kecamatan Bogor Selatan, pada Rabu (2/1/19) sedikitnya merendam 25 rumah warga, untuk menjamin keselamatan warga, Pemkot Bogor siap salurkan bantuan natura dan dirikan posko bencana.

 

Asisten Pemerintahan Sekdakot Bogor Hanafi mengatakan, banjir lintasan ini menimpa 25 rumah warga diisi 26 kepala keluarga yang dihuni 96 jiwa.

 

“Sekarang kita sedang menganalisis kebutuhan natura dari dinsos dan apabila memungkinkan akan dirikan Posko Bencana oleh BPBD,” ujarnya.

 

Sementara untuk warga yang terdampak kata Hanafi, akan dievakuasi ditampung di Masjid Jami Nurul Hadi. Banjir ini disebabkan hujan dengan intensitas hujan tinggi sehingga air kali Cikobak yang melaup karena drainase tersumbat.

 

“Terkait drainase, kita melalui PUPR akan kordinasi dengan pihak pelaksana pembangunan tol Bocimi. Alhamdlulilah tidak ada korban jiwa, hanya kerugian materil Itupun belum bisa diprediksi,” jelas Hanafi.

 

Untuk pengamanan lokasi banjir, camat dan lurah menugaskan petugas piket termasuk BPBD. Begitu juga petugas Damkar akan datang ke sini untuk menyedot air.

 

Sementara itu Walikota Bima Arya Sugiarto menuturkan, banjir yang merendam sejumlah rumah di Kampung Cikobak Rancamaya ini diakibatkan intensitas hujan tinggi sehingga volume air naik.

 

Namun Bima menegaskan, banjir ini ada indikasi akibat dari pembangunan Tol Bocimi, jadi menurutnya berdampak disaluran drainasenya mengecil sehingga tidak kuat menampung volume air yang tinggi.

 

“Tetapi saya lihat di lapangan kemungkinan besar ada indikasi karena dampak dari pengerjaan di bocimi sehingga membuat saluran drainasenya, ini kelihatannya mengecil karena jalannya ini turun dari perut jalan karena sering dilewati alat-alat berat saat pengerjaan tol itu,” jelas Bima.

 

Bima menginstruksikan kepada bawahanya, Dinas Sosial dan BPBD untuk segera mengirim bantuan seperti, pengadaan alas tidur baju-baju dan bahan makanan.

 

“Saya akan bekerjasama dengan PUPR untuk segera menghubungi pihak bocimi untuk bersama-sama melakukan perbaikan-perbaikan fisik yang diperlukan, jangka pendeknya apa saja yang perlu diperlukan untuk itu saya akan komunikasikan dengan pihak bocimi,” pungkasnya. (As)

 

 

 

 

 

 

Editor : Tobing

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *