Harry Ara Hutabarat, Pria Kelahiran Kota Hujan Ini Resmi Dilantik Jadi Anggota KIP DKI

0
119

Lifestyle, BogorUpdate.com
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, melantik dan memimpin pengambilan sumpah jabatan atas lima anggota Komisi Informasi Provinsi (KIP) DKI Jakarta periode 2020-2024 di Ruang Pola, Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (24/11/20). Dari lima anggota Komisi informasi Provinsi yang dilantik tersebut, salahsatunya adalah Harry Ara Hutabarat, S.H, M.H, yang merupakan pria kelahiran Bogor (Kota hujan).

Dalam wawancaranya kepada BogorUpdate.com, Harry Ara mengatakan, saatnya warga Ibukota DKI Jakarta bangkit dalam menggunakan hak konstitusionalnya yang melekat kepada setiap warga negara tanpa ada diskriminasi.

“Saya khawatir banyak diantara kita di Ibukota belum sadar bahwa ada hak memperoleh Informasi yang menjadi anugerah pasca reformasi. Pada Undang-Undang Dasar 1945 Perubahan Pertama Pasal 28 F menyebutkan “Setiap orang berhak untuk berkomunikasi dan memperoleh informasi untuk mengembangkan pribadi dan lingkungan sosialnya, serta berhak untuk mencari, memperoleh, memiliki, menyimpan, mengolah dan menyampaikan informasi dengan menggunakan segala jenis saluran yang tersedia,” sebut Harry Ara kepada BogorUpdate.com, Rabu (25/11/20).

“Informasi itu sepertu emas, tapi kadang mencari uang lebih relatif mudah dibandingkan mencari informasi. Semoga di Jakarta tidak demikian,” sambung Harry Ara menambahkan.

Namun, kata Harry Ara jika Pejabat Pengelola Informasi Dokumentasi (PPID) Diduga tidak meberikan Informasi yang dimohonkan dan pemohon informasi yakin bahwa informasi yang diminta bukan kualifikasi dari Informasi yang di kecualikan sesuai Pasal 17 Undang-undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik. Atau PPID tidak memberikan data sesuai yang diminta, maka silahkan Warga datang ke Komisi Informasi Provinsi DKI Jakarta.

“Jika terjadi sengketa informasi, palu keadilan kami akan berpihak pada keadilan sesuai Undang-undang dan Peraturan yang berlaku,” pungkas Harry Ara.

Sekedar diketahui, adapun ke lima anggota Komisi Informasi Provinsi DKI Jakarta yang dilantik adalah Harry Ara Hutabarat, Aang Muhdi Gozali, Nelvia Gustina, Arya Sandhiyudha, dan Harminus yang ditetapkan melalui Keputusan Gubernur Nomor 1152 Tahun 2020 tentang Penetapan Anggota Komisi Informasi Provinsi DKI Jakarta Periode Tahun 2020-2024. (Bing)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here