Busyet! 267 Juta Data Pengguna Facebook Cuma Dijual Seharga Rp9,2 Juta

Teknologi, BogorUpdate.com
Penyalahgunaan data pribadi pengguna kembali terjadi. Menurut laporan, telah ditemukan 267 juta data pengguna Facebook yang dijual secara ilegal.

Ratusan juta data pribadi pengguna Facebook tersebut dijual dengan harga cuma Rp9,2 juta yang dijajakan pada dark web. Hal ini dilaporkan oleh situs khusus Bleeping Computer, sebagaimana dikutip dari Gizchina, Sabtu (25/4/20).

Menurut laporan, mayoritas informasi pribadi itu berasal dari pengguna Facebook di Amerika Serikat (AS), mencakup nama lengkap, surat elektronik, tanggal lahir, bahkan memuat nomor telepon.

Bob Diachenko, selaku peneliti yang melaporkan temuan itu, mengatakan “(saya) menemukan data yang dijual oleh hacker di dark web lewat Facebook API.”

Namun, pada akhirnya ratusan juta data pribadi pengguna Facebook itu dibeli oleh Cyble. Mereka beralasan agar tak ada Hacker yang mengakses akun-akun Facebook dengan data tersebut.

Informasi yang memuat data pribadi pengguna ini sangat bernilai bagi Hacker, terutama bagi mereka yang berspesialisasi dalam phishing. Misalnya memungkinkan mereka untuk mengekstrak data pribadi dari pengguna, dengan bertindak sebagai badan resmi.

Insiden ini merupakan kali kedua selama pandemi berlangsung. Sebelumnya, laporan penyalahgunaan data pribadi juga terjadi pada 530 ribu akun pengguna Zoom yang dijual secara ilegal di dark web. (Selular.id/End)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *