Waw! Mobil Akan Dilengkapi Layar Sentuh Virtual Untuk Menghindari Penyebaran Covid-19

0
17

Sumber foto (Otosia)

Otomotif, BogorUpdate.com
Pandemi Corona (COVID-19) memang belum berakhir. Akan tetapi, banyak negara yang sudah memperlonggar lockdown dan kehidupan mulai berangsur pulih. Namun tetap melaksanakan protokol kesehatan yang ketat.

Sejak COVID-19 menyebar secara masif, pabrikan otomotif pun tak tinggal diam. Mereka turut membantu dengan memproduksi perlengkapan dan peralatan medis, serta mengembangkan teknologi baru agar bisa terhindari dari virus tersebut.

Hal itu pula yang dilakukan oleh Jaguar Land Rover (JLR). Pabrikan asal Inggris itu baru saja merilis gambar layar sentuh jenis baru yang dapat digunakan tanpa menyentuh layar.

Melansir dari Zing, JLR melengkapinya dengan lapisan sentuh virtual. Nantinya teknologi itu akan menutupi ruang yang ada di depan permukaan layar dan berguna untuk merekam gerakan tangan pengguna.

Proyek hasil kerjasama dengan Universitas Cambridge ini sebenarnya mirip dengan fungsi kontrol gerakan milik BMW. Namun, fitur ini hanya mendukung gerakan tangan tertentu saja, seperti menambah atau mengurangi volume.

Sedangkan teknologi dari JLR dapat dioperasikan mirip dengan layar sentuh normal, namun tanpa menyentuhnya.

Pasalnya layar sentuh virtual ini memiliki perangkat pelacakan gerakan tangan yang terintegrasi. Kemudian data yang ditangkap akan diolah oleh kecerdasan buatan (AI) untuk memprediksi di mana pengguna ingin meng-klik.

Teknologi layar sentuh jenis baru seperti ini jelas sangat membantu dalam memerangi COVID-19. Apalagi fitur tersebut memang dianggap menjadi sarang virus Corona, sebab sangat sering disentuh oleh pengemudi mobil atau penumpang.

Lantas kapan teknologi ini akan diluncurkan? Nampaknya fitur layar sentuh jenis baru tersebut belum akan disematkan ke model-model mobil JLR dalam waktu dekat.

 

 

 

 

(Otosia.com/endi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here