City Hatchback Pengganti Honda Jazz Debut Minggu Depan

0
18

Otomotif, BogorUpdate.com
Tepatnya tanggal 24 November 2020, di Thailand. Namanya City Hatchback. Untuk pasar Asia Tenggara dikatakan cukup penting bagi Honda. Tentunya sudah dipahami betapa Honda Jazz laris sejak diluncurkan pertama 2003 lalu. Tapi setelah keberatan memasarkan Honda Fit/Jazz generasi terbaru, mereka perlu produk lain untuk mengisi kekosongan, dengan harapan bisa selaris Jazz.

Menggunakan Honda City Hatchback merupakan jalan pintas yang mudah bagi Honda karena sesuai tradisi, Honda City sedan dan Jazz selalu berbagi platform. Memangkas buritan jadi hatchback mungkin tidak susah, meski bukan hanya ambil gergaji lalu potong buntut. Ada hitungan teknisnya.

Tampilan berdasarkan gambar paten yang sempat beredar, versi sedan dan hatchback tidak beda di bagian muka. Lampu utama dengan LED, grille atas bawah, bemper hingga rumah foglamp serupa. Demikian juga dengan bagian samping. Yang beda tentu belakang karena hatchback. Lampu buritan memiliki desain yang mirip, meski kami yakin akan lebih tipis menyesuaikan bentuk bagasi. Di atas penutup bagasi bertengger roof spoiler lengkap dengan lampu rem.

Belum ada bocoran kabinnya seperti apa. Rasanya tidak akan beda dengan versi sedan. Dengan layar multimedia 8-inci sudah bisa tersangkut dengan handphone berkat Apple CarPlay atau Android Auto. Anehnya, pengaturan AC balik lagi jadi kenop biasa dari tombol sentuh. Panel instrumen dikombinasikan antara analog untuk pengukur putaran mesin dan kecepatan. Di tengahnya terpampang MID dengan beragam info berkendara. Kursi, lingkar kemudi dan beberapa bagian lainnya dilapisi bahan serupa kulit dengan pewarnaan gelap.


Dimensi panjang pasti berubah untuk versi hatchback, tapi wheelbase akan tetap sama yaitu 2.589 mm. Ini lebih panjang 30 mm dari Jazz yang ada sekarang, tapi lebih pendek 1,1 sentimeter dari Honda City yang masih bisa Anda lihat di diler Honda terdekat.

Yang menarik di Thailand, City Hatchback diperkirakan punya mesin tiga ruang bakar dengan kapasitas 1,0 liter turbocharged yang sama seperti versi sedan. Performanya lebih besar Jazz sekarang bermesin empat silinder: 123 PS, 173 Nm. Tentu versi Indonesia masih jadi pertanyaan apakah versi 3-silinder itu yang akan dihadirkan atau 1,5 liter dengan mesin Honda L15 seperti biasa.

Kami menaruh harapan Honda Prospect Motor, APM di Indonesia akan bawa versi City hybrid (e:HEV). Sistemnya disebut i-MMD, bekerja seperti milik Nissan Kicks. Mesin bensin hanya berfungsi untuk menjadi generator pengisi daya baterai Lithium 1,3 kWh.

 

 

 

 

 

(Oto.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here