Kenapa Pria Suka Melihat Payudara Wanita? Ini Alasannya

0
66

Foto ilustrasi (Net)

Kesehatan, BogorUpdate.com
Wanita umumnya risi saat memergoki pria sedang melihat payudaranya. Apalagi kalau ia bukan pasangannya dan pria itu melakukannya di tengah perbincangan mereka. Namun, jangan langsung mencap bahwa sang pria adalah pria cabul. Sebab, ada alasan ilmiah kenapa pria suka melihat payudara wanita.

Mengapa Pria Menyukai Payudara Wanita?
Larry Young, seorang profesor psikiatri di Emory University mempelajari dasar neurologis dari perilaku makhluk sosial yang kompleks.

Ya, tak bisa dimungkiri, payudara merupakan bagian tubuh yang bisa memperkuat ikatan ibu dan bayi selama masa menyusui.

Namun, ketika dewasa, otak mengubah pola pikir bahwa payudara dapat memperkuat ikatan antara pasangan. Ini tak hanya berlaku buat manusia, melainkan mamalia lainnya, khususnya hewan primata.

Zaman dulu, ada pemikiran bahwa semakin besar kelenjar susu wanita atau hewan betina, maka mereka dipercaya dapat mencukupi kebutuhan anak-anak mereka dan punya tingkat kesuburan yang tinggi.

Namun, karena penelitian terus diperdalam, bentuk atau ukuran tak lagi menentukan kesuburan seorang wanita.

Ketertarikan pria terhadap payudara wanita bersifat naluriah. Tanpa diajari soal seks pun, pria memang suka melihat payudara wanita, bagaimana pun ukurannya.

Bahkan, payudara sebenarnya tak cuma menarik untuk pria, melainkan untuk wanita atau hewan betina itu sendiri.

Dalam buku Biological Exuberance: Animal Homosexuality and Natural Diversity (Stonewall Inn Editions, 1999), ahli biologi Kanada, Bruce Bagemihl mencatat, saat hewan primata bermasturbasi, hewan tersebut juga memberikan rangsangan terhadap payudaranya, terutama bagian puting.

Sementara itu, menurut Ikhsan Bella Persada, M.Psi., Psikolog, pria memang memiliki rasa ketertarikan dengan bentuk tubuh lawan jenisnya, terutama bila ukurannya cukup besar.

Perhatian manusia memang mudah teralihkan dengan sesuatu yang besar. Psikolog Ikhsan juga mengatakan pria yang tertarik dengan payudara seorang wanita belum tentu pria tersebut benar-benar menyukai sang wanita. Ini merupakan naluri ketertarikan fisik saja.

Wanita Menyukai Stimulasi Payudara yang Diberikan
Pada saat yang tepat, wanita sebenarnya juga “menikmati” saat pria melihat payudaranya dan memberikan stimulasi di area tersebut. Kapan waktu yang tepat itu? Tentunya saat berhubungan intim atau sedang bermasturbasi.

Roy Levin dari University of Sheffield dan Cindy Meston dari University of Texas melakukan survei kepada 301 orang, 153 di antaranya adalah wanita.

Mereka melaporkan, menstimulasi payudara atau puting dapat meningkatkan gairah seksual pada 82 persen wanita.

Bahkan, 60 persen di antaranya secara eksplisit meminta puting mereka untuk disentuh! Pria pun cenderung menurut saja ketika wanita secara langsung meminta hal itu alias ia melakukannya dengan senang hati.

Benarkah Melihat Payudara Wanita Bikin Pria Lebih Bahagia?
Menanggapi pertanyaan di atas, Psikolog Ikhsan mengatakan,” Ya, memang bisa bikin pria bahagia, asalkan yang dilihat adalah payudara pasangan sendiri. Kalau orang lain, nanti malah dianggap pelecehan.”

“Saat melihat payudara wanita yang notabenenya adalah pasangan sendiri, ini bisa memberikan rangsangan seksual, lalu ujung-ujungnya bisa menimbulkan perasaan senang dan tenang,” tambah Ikhsan.

Punya keterikatan emosional plus ketertarikan seksual memang bisa meningkatkan kualitas hubungan dan memberikan perasaan bahagia.

Hal yang penting untuk diperhatikan di sini adalah akan menjadi tidak wajar bila seorang pria terlalu lama melihat payudara wanita yang bukan pasangannya. Apalagi sampai tak bisa mengontrol hawa nafsunya. Ini terjadi pada pelaku begal payudara.

Ikhsan mengatakan, “Kalau sudah sampai begitu, itu sudah kelainan. Namun, kelainan tersebut dapat disembuhkan dengan terapi CBT atau behaviour modification. Pola pikir orang tersebut harus diubah agar perilakunya sesuai norma.”

 

 

 

 

(Klikdokter.com/refer)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here