Warga Desa Cinanas Bantar Kawung Sambut Gembira Pembangunan Jembatan Cikuya

0
137

Nasional, BogorUpdate.com
Setelah sekian lama bertahun-tahun kondisi Kali Kuya yang berlokasi di Dusun Karang Gempol Desa Cinanas Kecamatan Bantar Kawung Kabupaten Brebes Jawa Tengah, memprihatinkan tanpa jembatan. Kini, Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Brebes akhirnya merealisasikan pembangunan jembatan tersebut.

Terpantau dari foto akun facebook chanel Bantar Kawung TV, tahap awal pembangunan Jembatan Kali Kuya Di Dusun Karang Gempol Desa Cinanas Kecamatan Bantar Kawung ini, sudah mulai direalisasikan. Mulai dari pengerukan kali, pengukuran volume jembatan, persiapan material sebagai bahan dasar jembatan maupun lainnya.

“Alhamdulillah saya ucapkan rasa syukur atas adanya pembuatan jembatan kuya ini,” kata warga Dusun Karang Gempol Desa Cinanas, Indra (23) kepada wartawan, Jumat (4/2/2020).

Menurut Indra, Sungai Kuya ini menghubungkan Dua desa, yakni Desa Cinanas Kecamatan Bantar Kawung dan Desa Pruwatan Kecamatan Bumi Ayu yang ada di Dua kecamatan di Kabupaten Brebes. Karena tidak adanya jembatan, warga setempat selalu kesulitan beraktivitas baik keperluan sekolah, menuju ke pasar maupun keperluan surat menyurat ketika ingin menuju kecamatan.

“Selalu kesulitan jika musim hujan tiba pak, banjir besar dan gak bisa lewat karena bisa bahaya dan yang sudah-sudah banyak makan korban warga yang nekad menyebrang kali kuya,” katanya.

Kepala Dusun Karang Gempol Abu Hori menyampaikan hal yang sama dengan menyambut gembira adanya pembangunan jembatan di desanya. Dengan demikian, sebagai warga setempat sangat mendukung penuh langkah yang sudah dilakukan pemerintah.

“Meskipun sekian lama bertahun-tahun dengan harapan yang hampir pupus berbagai upaya mengajukan persoalan ini, ya Alhamdulillah akhirnya terwujud juga,” jelasnya.

Abu menjelaskan, jika musim penghujan tiba, sungai Kuya yang lokasinya sama rata dengan daratan selalu mengalami banjir besar dan membuat aktivitas warga setempat tersendat.

“Kalau banjir, mau tidak mau warga sini harus melintas jalan alternatif lain yang cukup jauh yakni melintasi Jalan Dusun Muhara Desa Cinanas Kecamatan Bantar Kawung atau melintasi Dusun Cinanas 1-4 hingga Dusun Dukuh Wiru Kecamatan Bumiayu,” tuturnya.

Abu berharap, realisasnya lancar hingga selesai nanti, dan nantinya jembatan ini bisa menunjang akses warga Dusun Karang Gempol Desa Cinanas untuk melakukan segala aktivitasnya.

“Semoga lancar tanpa kendala apapun. Mewakili warga saya ucapkan terimakasih kepada Pemda Brebes yang sudah merespon keluh kesah warga kami,” tutupnya.

Terpisah, Kepala Desa Cinanas Hensika Sindi Setiawan menyampaikan turut mengapresiasi langkah yang dilakukan Pemda Brebes, Karena terwujudnya realisasi pembangunan jembatan sangat membantu warga desanya.

“Saya mendukung penuh langkah Pemda. Nah terkait data tencana pembangunan saya blum punya, karena kemarin ada perubahan dari gambar pembangunannya,” tutupnya.

 

 

 

 

 

(Sep/Bing)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here