Telkomsel Resmi Luncurkan Layanan 5G, Ini Tanggapan Pengamat ITB

0
33

Sumber foto (Selular.id)

Teknologi, BogorUpdate.com
Telkomsel secara resmi telah meluncurkan jaringan internet 5G secara komersil di tanah air, Kamis (27/5/21). Alhasil, langkah operator plat merah itu kini menjadi catatan tersendiri bagi sejarah, sekaligus babak baru implementasi jaringan generasi kelima itu di Indonesia.

Lokasi pertama yang mendapatkan 5G Telkomsel berada di wilayah residensial di wilayah Jabodetabek, yaitu Kelapa Gading, Pondok Indah, Pantai Indah Kapuk, Bumi Serpong Damai (BSD), Widya Chandra, dan Alam Sutera.

Selain itu, ada sembilan lokasi di delapan kota yang juga akan menikmati layanan 5G, di antaranya Medan, Batam, Bandung (dua lokasi di Telkom University dan ITB), Balikpapan, Solo, Jakarta, Surabaya, Makassar, dan Denpasar.

Dilansir dari Selular.id, Ian Yosef M. Edward Ketua Pusat Studi Kebijakan Industri dan Regulasi Telekomunikasi Indonesia Institut Teknologi Bandung (ITB) menjelaskan, langkah Telkomsel terbilang cukup tepat menyasar kota besar dan Kawasan residensial di DKI Jakarta.

“Saya rasa tepat, mereka yang secara ekonomi lebih kuat tanggapanya sepertinya akan bagus berkat kecepatan yang mereka nikmati. Lalu harga paket yang kini dibandrol murah, masyarakat juga akan bisa mencobanya sendiri, membandingkan dengan mengukur seberapa cepat 5G dari 4G, download, streaming dan lain sebagainya. Dan langkah ini sebenarnya juga untuk membangun kebiasaan masyarakat terhadap jaringan super cepat tersebut, pada tahap awal ini lebih baik fokuskan ke pengalaman konsumenya dulu, sembari membangun ekosistemnya,” kata Ian, Jumat (21/5/21) siang.

Pasalnya membagun kebiasaan ini juga menjadi penting, dengan layanan internet yang berjalan begitu cepat, kegiatan daring warganet pun bisa dipastikan bakal berjalan lebih mulus, “sehingga download, streaming kecang kuota cepat habis, dan kebiasaan ini perlu juga diperhatikan. Terlebih paket datanya kini dibandrol terjangkau, lalu untuk harganya sendiri patokanya tentu seharusnya nanti tidak boleh lebih mahal dari 4G,” lanjutnya.

Seperti layanan broadband 3G dan 4G, layanan 5G kini juga dapat dinikmati menggunakan paket kuota data. Di hari peluncuranya harga paket data 5G diumumkan, untuk tawaran early bird-nya dibandrol murah meriah Rp26.000, untuk kuota data 126GB. Namun terlepas dari itu harga normal paket ini sekitar Rp260.000, lalu sejauh ini hanya berlaku untuk pelanggan undangan saja.

Kemudian Telkomsel juga menghadirkan layanan Internet Rumah Orbit 5G melalui perangkat Orbit Ultra dengan harga promo Rp6,299.000, yang sudah dilengkapi ekstra kuota data 200GB untuk 30 hari dan bonus akses layanan Disney+ Hotstar selama 12 bulan.

Ke depannya, Telkomsel akan menghadirkan paket data khusus layanan 5G, yang akan dikembangkan secara berkelanjutan sesuai dengan kebutuhan gaya hidup dan aktivitas digital pelanggan.

Kemudian khusus untuk IoT, kata Ian, tantangan membangun ekosistemnya adalah perihal harga perangkat IoT yang terjangkau. Solusi IoT 5G harus dapat menggambarkan bahwa teknologi IoT 5G dapat membuat operasional industri lebih hemat. “Membangun ekosistem untuk segmen ritel dan industri harus mendapatkan use case yang tepat dari keunggulan 5G tersebut,” tandasnya.

 

 

 

 

 

 

Sumber : Selular.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here