Resmi Gantikan Lampard, Thomas Tuchel Pelatih Pertama Chelsea Asal Jerman

0
72

Sumber foto (Bolasport.com)

Sport, BogorUpdate.com
Chelsea telah meresmikan Thomas Tuchel sebagai pelatih baru dan menjadi nakhoda pertama The Blues yang berasal dari Jerman.

Chelsea bergerak cepat dalam menetapkan pelatih baru setelah Frank Lampard dipecat.

Pemecatan Frank Lampard terjadi kurang dari 24 jam setelah Chelsea menang 3-1 atas Luton Town di babak keempat Piala FA pada akhir pekan lalu.

Tampuk kepemimpinan kini berpindah ke tangan mantan juru taktik Paris Saint-Germain (PSG), Thomas Tuchel.

Thomas Tuchel ditunjuk sebagai pelatih kepala The Blues yang menandatangani kontrak selama 18 bulan atau 1,5 tahun.

Chelsea memberikan konfirmasi resmi pengangkatan Tuchel pada Selasa (26/1/2021) waktu setempat.

“Saya ingin berterima kasih kepada Chelsea atas kepercayaan mereka kepada saya dan staf saya,” kata Tuchel seperti dikutip BolaSport.com dari laman resmi klub.

“Kami semua sangat menghormati pekerjaan Frank Lampard dan warisan yang dia berikan di Chelsea.”

“Pada saat yang sama, saya tidak sabar untuk bertemu dengan tim baru saya dan bersaing di liga paling menarik dalam sepak bola.”

“Saya bersyukur sekarang menjadi bagian dari keluarga Chelsea, rasanya luar biasa!,” ujar Tuchel menambahkan.

Hadirnya Tuchel sebagai pelatih menjadikan dirinya sebagai nakhoda The Blues pertama yang datang dari Jerman.

Tuchel menjadi yang pertama dari Jerman karena di luar pelatih lokal (Inggris), Chelsea sempat mengangkat pelatih dari Italia (Claudio Ranieri, Carlo Ancelotti, Roberto Di Matteo, Antonio Conte dan Maurizio Sarri) serta Portugal (Jose Mourinho dan Andre Villas-Boas).

Selain itu, Chelsea juga sempat ditangani oleh pelatih dari Brasil (Luiz Felipe Scolari), Belanda (Guus Hiddink dan Ruud Gullit), Spanyol (Rafael Benitez), serta Israel (Avram Grant).

Kehadiran tiga pemain timnas Jerman, yakni Antonio Ruediger, Kai Havertz, dan Timo Werner, membuat kental aroma Tim Panser di tubuh The Blues.

Belum lagi keberadaan Thiago Silva dan Christian Pulisic, yang sempat menjadi anak buah Tuchel di PSG dan Borussia Dormund.

Mereka diyakini bakal membuat Tuchel tidak terlalu mengalami kesulitan beradaptasi di Stamford Bridge.

Karier kepelatihan Tuchel sebagai pelatih kepala dimulai ketika menangani Augsburg II pada Januari 2007. Dirinya lantas bergabung dengan Mainz 05.

Menukangi Mainz 05 dalam kurun waktu antara 2009 dan 2014, pelatih 47 tahun tersebut menyeberang ke Borussia Dortmund pada Juli 2015.

Kariernya semakin meroket tatkala menjadi ahli strategi PSG selama 1,5 tahun mulai Juli 2018 hingga Desember 2020.

Bersama PSG, Tuchel merengkuh dua trofi Liga Prancis, satu trofi Piala Liga Prancis, dan satu gelar Piala Prancis.

Pada musim terakhirnya bersama Les Parisiens, Tuchel sukses mengantar PSG ke final Liga Champions meski harus puas jadi runner-up.

Adapun suksesor Juergen Klopp di Dortmund tersebut akan menjalani laga perdananya bersama Chelsea kala menjamu Wolverhampton Wanderers di Stamford Bridge dalam lanjutan Liga Inggris 2020-2021, Rabu (27/1/2021) waktu setempat atau Kamis pukul 01.00 WIB.

Tugas Tuchel di Chelsea tidak mudah mengingat The Blues tengah berjuang di papan tengah klasemen sementara Liga Inggris musim ini. (bu)

 

 

 

 

 

Sumber : Bolasport.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here