Puncak Arus Balik Mudik Lebaran ke Jabodetabek Diprediksi Mulai Malam Ini Hingga Besok

0
68

Kakorlantas Polri Irjen Pol Istiono meninjau pos penyekatan mudik di GT Cikarang Barat. (Foto/PMJ News).

Nasional, BogorUpdate.com
Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri, Irjen Pol Istiono memprediksi puncak arus balik mudik Lebaran 2021 ke wilayah Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi) akan terjadi mulai Sabtu (15/5/21) hingga Minggu (16/5/21).

“Untuk puncak arus balik bakal diprediksi terjadi mulai hari ini sampai dengan Minggu. Karena di hari Senin, beberapa masyarakat sudah mulai masuk kerja kembali,” ujar Istiono melalui keterangan tertulisnya, Sabtu (15/5/2021).

Dalam hal ini, Istiono juga memprediksi bahwa akan ada sekitar 1,5 juta masyarakat yang akan kembali ke Jabodetabek, sesuai dengan data perjalanan yang dirilis oleh Kementerian Perhubungan.

“Ini yang perlu diperhatikan perjalanan kembali ke Jabodetabek. Maka dari itu, kita mulai juga antisipasi mobilisasi baik kendaraan roda dua dan empat di jalur tol serta jalur arteri,” imbuhnya.

Nantinya, truk-truk bersumbu tiga pun akan dialihkan ke jalur arteri untuk memperlancar situasi dan kondisi lalu lintas. Pengalihan arus ini akan dilakukan dari wilayah Semarang hingga Jakarta.

Istiono menambahkan, pihaknya bersama dengan Satgas Covid-19 juga menyediakan 109 posko untuk memeriksa kelengkapan dokumen para pengendara yang diwajibkan untuk membawa surat swab antigen atau PCR.

Selain itu, lanjut Istiono, pihaknnya juga melakukan pengecekan swab antigen secara acak dan gratis kepada para pemudik yang melintasi pos penyekatan.

“Posko ini tersebar mulai dari 26 rest area dan gate tol serta 83 lainnya berada di jalur arteri jalan nasional yang tersebar dari Jawa dan Sumatera menuju wilayah Jakarta. Kita juga mulai melaksanakan rapid antigen secara random hari ini,” terang Istiono.

“Jika memang hasilnya positif maka akan langsung dirujuk ke rumah sakit terdekat,” pungkasnya.

 

 

 

 

 

(pmjnews/bu)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here