Pencegahan dan Penanganan COVID-19 di Wilayah Kecamatan Babakan Madang

0
126

Babakan Madang, BogorUpdate.com
Setelah lebih dari satu tahun ditetapkannya status Siaga Darurat Bencana Nonalam Akibat Virus Corona di Kabupaten Bogor tahun 2020 melalui SK Bupati Bogor nomor : 360/06-BPBD/2020 tanggal 19 Maret 2020 dan saat ini tengah diberlakukan SK Bupati Bogor nomor : 443/252/Kpts/Per-UU/2021 tentang Perpanjangan Kelimabelas Pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Pra Adaptasi Kebiasaan Baru Menuju Masyarakat Sehat, Aman dan Produktif melalui Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Berbasis Mikro (PPKM) di Kabupaten Bogor yang diberlakukan hingga tanggal 3 Mei 2021, langkah-langkah intensif masih dilakukan diwilayah Kecamatan Babakan Madang dalam rangka pencegahan serta penanganan Covid-19 yang dilaksanakan oleh relawan hingga tingkat RW dan RT.

Para relawan masih dengan rutin dan berkelanjutan mensosialisasikan bahaya Covid-19 kepada masyarakat serta mengidentifikasi adanya kemungkinan-kemungkinan penyebaran Covid-19 dimulai pendataan keluar masuk warga dan pemberian edukasi tentang virus corona. Aksi yang masih dilaksanakan adalah penyemprotan fasilitas-fasilitas umum dan wilayah perumahan penduduk dengan cairan disinfektan, pemberian hand sanitizer bagi warga, pembuatan sarana cuci tangan di tempat-tempat umum dan kantor-kantor pelayanan serta pembagian masker bagi penduduk. Kegiatan inipun masih dievaluasi secara berkala di tingkat kecamatan.

Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1422 H di Kecamatan Babakan Madang rencananya dibangun pos Penyekatan Pengamanan yaitu di Jalan Raya MH. Thamrin Sentul City (keluar tol Sentul Selatan) serta di Simpang Trumix-Sentul Sirkuit yang berfungsi penekanan terhadap para pengguna jalan untuk menerapkan protokol kesehatan guna melawan Covid-19. Pelaksanaan Checkpoint PSBB melibatkan unsur anggota Polsek, Koramil, Dinas Perhubungan, anggota Pol PP Kabupaten Bogor dan Kecamatan Babakan Madang serta relawan lainnya.

Adapun tingkat keberhasilan pelaksanaan PSBB di Kecamatan Babakan Madang terlihat dengan penurunan jumlah ODP, PDP serta yang terkonfirmasi positif Covid-19 pada saat ini.

Dalam upaya penanganan dan penanggulangan Covid-19, telah dilaksanakan vaksinasi di tingkat kecamatan bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor melalui Puskesmas Babakan Madang. Selain itu, saat ini masih bertugas pula tim survailans tingkat kecamatan yang secara kontinyu mengidentifikasi kemungkinan-kemungkinan penyebaran Covid-19 di masyarakat.

FOTO-FOTO KEGIATAN

 

MUSRENBANG RKPD KABUPATEN BOGOR DI KECAMATAN BABAKAN MADANG TAHUN PERENCANAAN 2022

TEMA PEMBANGUNAN 2022 “MEMBANGUN MASA DEPAN KABUPATEN BOGOR DENGAN PANCAKARSA DALAM RANGKA PERCEPATAN PEMULIHAN EKONOMI”

Musyaarah Perencanaan Pembangunan (MUSRENBANG) dilaksanakan di Aula Kecamatan Babakan Madang Pada hari Rabu, 03 Februari 2021 yang dihadiri oleh Camat Babakan Madang Cecep Imam Nagarasid, SE.,M.Si, Unsur Bappedalitbang, Staf Ahli Bupati Bogor, Perwakilan Anggota DPRD Kabupaten Bogor, Danramil 2104 Citeureup-Babakan Madang, Kapolsek Babakan Madang dan Peserta Undangan baik secara Tatap Muka atau Virtual Zoom Meeting, Dalam Musrenbang yang digelar kali ini bahwa gambaran umum Kecamatan Babakan Madang dengan luas wilayah 9.871 ha, terdidiri 9 (sembilan) Desa, 27 Dusun, 74 RW dan 277 RT, untuk Musrenbang Tingkat Kecamatan Babakan Madang Tahun 2021 dengan Perencanaan Tahun 2022 dengan Pagu Anggaran Rp. 12.215.524.000,- untuk kegiatan fisik dan non fisik, kegian yang tidak masuk dalam musrenbang akan dilaporkan melalui Dinas/Instansi terkait di Pemerintah Kabupaten Bogor.

Camat Babakan Madang menyampaikan kepada peserta undangan terkait dengan pembangunan Gedung Kantor Kecamatan Babakan Madang yang akan dilaksanakan pembangunannya tahun 2021

Perioritas Pembangunan Daerah Tahun 2022 anatara lain :
1. Meningkatkan Kualitas dan Aksesibilitas SDM;
2. Meningkat Daya Saiang Perekonomian Daerah dan Pelayanan Publik;
3. Meningkatkan Pemerataan Pembangunan yang berkelanjutan;
4. Meningkatkan Ketertiban dan Kenyamanan Masyarakat Berdasarkan Nilai-Nilai Keagamaan yang berkeadaban;
5. Meningkatkan Mitigasi Bencana Alam dan Non Alam.

Prioritas dan Fokus Pembanguna di Kecamatan Babakan Madang sebagai berikut:
1. IPM;
2. PANCAKARSA;
3. USULAN TEKHNOKRATIK, HASIL MUSRENBANG DESA;

Prioritas Usulan Musrenbang Kecamatan sebagaiberikut :
1. Prioritas Pertama Pembangunan Ruang Kelas Baru Sekolah, Rehabilitas Bertingkat Sekolah dan Pembangunan Sarana dan Prasarana Sekolah;
2. Prioritas Kedua Revitalisasi dan Relokasi Puskesmas dan Pengadaan Sarana dan Prasarana Puskesmas;
3. Prioritas Ketiga Pengadaan Sarana dan Prasarana Kelompok Tani, Pelatihan Kelompok Tani dan Pelatihan Keirausahaan dan Koperasi;
4. Prioritas Ke Empat Peningkatan Jalan, Peningkatan Jembatan dan Pembuatan Drainase dan Air Bersih;
5. Prioritas Ke Lima Pembinaan Organisasi Keagamaan dan Pembinaan Sanggar Seni dan Budaya. (Advetorial)

FOTO-FOTO KEGIATAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here