Pekan Ini, Skuter Listrik Piaggio ONE Meluncur, Begini Wujudnya…

0
41

Sumber (Oto.com)

Otomotif, BogorUpdate.com
Pekan ini, Piaggio bakal meluncurkan skuter listrik terbaru. Disebut Piaggio ONE. Memanfaatkan panggung helatan Beijing Motor Show di Cina pada 28 Mei 2021. Namun wujudnya sudah disingkap di dunia maya. Modelnya ada kemiripan dengan skutik kecil rilisan lawas Piaggio Zip, meski terlihat lebih modern nuansanya.

Piaggio ONE bakal mengisi nomor dua lini elektrifikasi perusahaan. Setelah Vespa Elettrica yang sudah ada di pasaran. Menurut manufaktur, ONE bakal tersedia dalam sejumlah pilihan tenaga dan kapasitas baterai. Mulai dari level biasa sampai tinggi. Seperti disebut dalam siaran rilis, dilansir dari Electrek, ONE didesain di Italia dan menargetkan pengguna muda. Skuter listrik itu menggabungkan warna-warni, imajinasi, gaya, safety dan teknologi yang belum pernah muncul pada skuter elektrik terinspirasi oleh tradisi Piaggio. ONE bertujuan merevolusi mobilitas elektrik urban, memadukan efisiensi dan kesenangan.

Dalam rilis juga disebut, ONE adalah proyek global Piaggio dan mulai tersedia di pasar Eropa pada akhir Juni. Tak ada informasi untuk pasar negara lain, termasuk Asia. Begitu juga dengan informasi detail spesifikasi. Masih harus menunggu sampai peluncuran resmi. Salah satu yang disoroti adalah kemampuan penggantian baterai. Belajar dari sang saudara Vespa, yang punya baterai terintegrasi, ONE bakal diuntungkan dengan baterai yang bisa dilepas-pasang.

Hal ini sedikit menyerempet dengan pewartaan soal konsorsium Piaggio dengan sejumlah merek besar Jepang. Meski pada ONE belum mengaplikasikan jenis baterai yang tengah dikembangkan, paling tidak Piaggio sudah memikirkan untuk merilis model dengan baterai yang bisa diganti.

Piaggio turut menyebut, ONE punya bobot yang ringan untuk pengendaraan urban, posisi duduk yang nyaman, jok yang cukup rendah dan dek kaki yang lega. Ia juga dibekali lampu berteknologi diode, keyless start system dan panel instrumen digital berwarna. Menariknya, panel instrumen itu dilengkapi sensor yang bisa menyesuaikan pencahayaan. Macam layar pada smartphone masa kini. Jadi lebih mudah terbaca meski cahaya berlebih maupun minim. Sementara fitur keyless pada skuter listrik masih cukup jarang ditemukan di pasar. Jadi gimik unik dari Piaggio ONE.

Berbekal panel meter digital, bisa diasumsikan sarana hubungan dengan smartphone. Sudah banyak yang menyertakan teknologi semacam ini, seperti skuter listrik NIU. Bahkan sudah mulai umum digunakan pada motor konvensional. Kemungkinan, seperti kebanyakan motor lain, bakal memanfaatkan aplikasi pada smartphone dan konektivitas Bluetooth. Kemudian bisa menyajikan informasi seperti sisa baterai dan jarak pada layar ponsel pintar pengguna.

Sejumlah detail turut bisa dilihat pada foto unggahan media sosial resmi. Wujudnya mirip Zip yang dibikin lebih modern. Dengan pahatan bodi yang lebih dinamis. Besar kemungkinan juga dimensinya tak jauh berbeda dari Zip. Apalagi ditekankan kalau bobotnya tergolong ringan. Ya, persaingan skuter listrik masih ramai dengan dimensi yang tergolong kecil dan praktis.

Wajahnya jauh lebih modern ketimbang Zip. Dengan lampu utama pada bagian panel depan, bukan di setang. Nah, cover setang seperti melindungi bagian depan saja. Sementara dari belakang terlihat telanjang seperti setang jepit, dengan layar panel meter besar di tengahnya. Kemudian, tak terdeteksi adanya laci penyimpanan pada konsol tengah. Hanya terlihat pengait untuk menggantung barang. Sewajarnya penyimpanan memanfaatkan ruang di balik jok. Namun kompartemen bakal terbagi dengan baterai, mengingat bodinya tak terlalu besar.

Piaggio ONE diharapkan bisa jadi pemain baru elektrifikasi yang memberi kontribusi lebih. Menargetkan kawula muda, dengan banderol yang lebih bersahabat. Detail informasi seperti tenaga, motor listrik, kapasitas baterai dan jarak tempuh bakal terungkap dalam peluncuran resmi. Sementara statusnya sebagai pemain global, punya kemungkinan ONE masuk pasar Asia Tenggara, khususnya Indonesia. Kita nantikan saja.

 

 

 

 

 

 

Sumber : Oto.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here