MV Agusta Rilis Edisi Terbatas, Harganya Setara 30 Unit Honda Scoopy?

0
60

Otomotif, BogorUpdate.com
MV Agusta akhirnya merilis produk edisi terbatas hasil kolaborasi dengan Alpine. Model yang didapuk menjadi limited edition ialah Superveloce 800. Middleweight supersport berpenampilan retro itu dibalut dengan kemasan yang serupa dengan mobil sport asal Prancis. Superveloce Alpine ini dijual dengan harga 36.300 euro atau sekitar Rp 625 juta atau setara 30 unit All New Honda Scoopy.

Edisi spesial nan terbatas MV Agusta Superveloce Alpine mengambil inspirasi dari mobil sport Alpine 110. Dibalut dengan skema cat Blue Alpine dan Ago Silver. Seluruh komponen yang menempel boleh dikatakan terbuat dari serat karbon. Termasuk bagian depan di sekitar lampu depan utama bulat, fairing, sepatbor depan dan belakang, penutup saluran udara, dan pelindung rantai.

Dilengkapi jua dengan sejumlah detail kecil, yang membuatnya kian menarik. Seperti emblem ‘A’ di fairing, yang mewakili merek Alpine, dan emblem di segitiga atas setang yang menunjukkan nomor seri berkisar antara 001 hingga 110. Di atas penampun bensin juga diberikan tali kulit dengan tulisan ‘Alpine’. Motor ini dilengkapi pula dengan jok bermaterial Alcantara dengan jahitan biru yang sangat presisi dan kontras.

MV Agusta Superveloce x Alpine
Karena sepeda motor ini merupakan kolaborasi antara ikon Italia dan Prancis, bendera kedua negara tersebut ditampilkan di fairing, spatbor depan dan tutup pengisi bahan bakar. Seperti kita tahu, kedua negara masing-masing memiliki sejarah panjang dan berliku dalam kancah motorsport. Mereka bersatu untuk menciptakan sesuatu yang memukau.

Superveloce Alpine dijual secara terbatas, hanya 110 unit di seluruh dunia. Semuanya menampilkan sejumlah elemen dan sorotan unik, mewakili kemitraan antara kedua merek. Dengan membawa pulang Superveloce Alpine, konsumen juga mendapatkan Racing Kit yang dilengkapi knalpot Arrow khusus penggunan sirkuit, ECU spesial, penutup kursi, dan cover personal. Itu tampaknya menjadi hal umum bagi MV Agusta dengan Superveloce Limited Edition mereka. Jika Anda ingat, pabrikan itu melakukan hal yang sama saat meluncurkan Superveloce 75 Anniversario November lalu. Namun, dalam warna yang sedikit berbeda.

Secara mekanis, MV Agusta Superveloce Alpine tidak mengalami perubahan. Sesungguhnya mesin yang digunakan mengambil basis dari sportbike bermesin inline 3 silinder MV Agusta F3 800. Tapi engine mapping varian Superveloce telah direvisi, sehingga outputnya semakin fleksibel dan respon gasnya lebih terasa.

MV Agusta Superveloce x Alpine
Berkapasitas 798 cc DOHC 4-stroke 12-valve 3-silinder in-line dengan pendingin cairan. Dengan spesifikasi tersebut, pabrikan Italia ini megklaim bahwa motor ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 148 Hp pada 13.000 rpm dengan torsi maksimum 88 Nm di 10.900 rpm. Dayanya itu disalurkan ke roda belakang melalui transmisi tipe kopling manual 6-percepatan.

Fiturnya cukup lengkap, termasuk mode kendara yang terdiri dari Sport, Race, Rain, dan Custom Race Mode. Sudah dilengkapi girboks elektronik MV EAS 2.0 plus kontrol traksi 8 level. Tak lupa terdapat perangkat elektronik untuk meningkatkan efisiensi mesin, termasuk sistem IMU (Inertial Measurement Unit). Dengan mesin yang memenuhi standar emisi Euro5, top speed Superveloce Alpine tembus 240 km/jam.

Paket elektronik terdiri dari sistem kontrol traksi 8 tingkat, Quick Shifter dua arah, dan cruise control. Juga disediakan unit dasbor dengan layar warna TFT 5 inci dengan Bluetooth, sistem navigasi (GPS) dan aplikasi navigasi App MVride dan penutup tangki dengan tali kulit. Tinggi sadel 830 mm, sedangkan kapasitas tangki 16,5 liter.

MV Agusta Superveloce x Alpine
Buat kaki-kainya ditunjang suspensi up side down 43 mm buatan Marzocchi plus monosok dari Sachs. Dipadukan pelek paduan aluminium dan ban Pirelli Diablo Rosso Corsa II 120/70 – ZR 17 M / C (58 W) di depan dan Pirelli Diablo Rosso Corsa II 180/55 – ZR 17 M / C (73 W) di belakang.

Pengereman mengandalkan cakram ganda 320 mm dengan twin kaliper monoblok radial 4 piston Brembo di depan dan cakram 220 mm dengan kaliper Brembo 2-piston di belakang. Yang spesial, ada tambahan sistem Bosch ABS 9 Plus dengan race mode sebagai perangkat standar, dan fitur Rear wheel Lift-Up Mitigation atau RLM yang menghentikan nosing saat hard braking.

MV Agusta Superveloce x Alpine
MV Agusta Superveloce Alpine dijual di Eropa dengan harga 36.300 Euro atau sekitar Rp 625 juta. Padahal dengan uang segitu bisa beli 30 unit All New Honda Scoopy. Sekadar info tambahan, skutik bertampang retro varian tertinggi itu dibanderol Rp 20,750 juta OTR Jakarta.

 

 

 

 

 

(Oto.com/bu)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here