Mercedes-Benz S-Class Terbaru Segara Mengaspal di Indonesia, Pekan Depan?

0
64

Sumber foto (Oto.com)

Otomotif, BogorUpdate.com
Mercedes-Benz Indonesia memberi kepastian soal tersedianya model sedan termewah S-Class untuk pasar Indonesia. Ya, pada awal Mei 2021, generasi terkini S-Class bakal bisa dijumpai di Indonesia. Mercedes-Benz S-Class telah dipastikan siap diluncurkan untuk menggoda para miliarder Tanah Air, lewat model generasi terbarunya itu.

Tepatnya pada 4 Mei 2021, PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia akan meluncurkan S-Class generasi terbaru. Model sedan termewah mereka ini kini hadir dengan bahasa desain serta lompatan teknologi baru yang lebih jauh. Untuk generasi saat ini, S-Class hadir dengan kode seri W223.

Rival utama dari BMW 7-Series ini pertama kali meluncur generasi terbarunya, alias generasi ketujuh, pada September 2020 lalu. Yang paling terlihat pabrikan asal Stuttgart, Jerman ini menerapkan gaya desain barunya untuk sang sedan flagship. Proporsi baru fascia depan memadukan grille besar seperti pendahulu, dengan lampu depan yang mengecil. Tampak The Three Pointed Star ingin aplikasikan gaya Predator Face tanpa membuatnya terlalu agresif.

Gaya desain eksterior S-Class baru ini seperti yang lebih dulu diadopsi untuk adiknya, yaitu E-Class pada versi facelift di pertangahan 2020 lalu. Namun bukan desain yang menjadi satu-satunya menu dari Sondeklasse terbaru. Sisi aerodinamika juga diperbaiki menjadi lebih efisien, dengan nilai coefficient of drag (Cd) 0,22 dan lebih rendah dibandingkan rata-rata nilai mobil jalan raya sekarang.

W233 turut membuat bagian interior lebih mewah dan canggih untuk semakin memanjakan penumpang dan menegaskan statusnya sebagai pemimpin di segmen full sedan premium. Highlight utama adalah sistem infotainment MBUX (Mercedes-Benz User Experience) terbaru mendominasi dashboard lewat layar sentuh OLED 12,8 inci. Layar dilengkapi haptic feedback layaknya layar smartphone terkini. Fitur voice command ‘Hey Mercedes’ kini bisa diakses oleh seluruh penumpang.

Untuk pengemudi, diberikan layar 12,3 inci untuk panel instrumen yang serba informatif, yang juga dilengkapi dengan mode tampilan 3D. Ambient lighting kini bukan lagi pemanis di interior S-Class karena telah terintegrasi dengan fitur keselamatan, seperti Active Blind Spot Assist. Jadi, saat sensor mendeteksi potensi bahaya dari kendaraan lain, akan ada nada dan lampu peringatan lewat animasi ambient light.

Untuk generasi ini, pertama kalinya Mercedes-Benz tidak menyediakan S-Class dengan opsi mesin V12. Untuk varian terbawah, yang kemungkinan besar diluncurkan untuk Indonesia, yaitu S450 dibekali mesin enam silinder segaris 3,0 liter turbo. Mesin S450 menghasilkan tenaga 362 hp, sementara varain S500 yang menggunakan mesin sama punya output 429 hp.

Mercedes membekali sistem mild-hybrid untuk S450 dan S500. Sebenarnya ada juga varian mesin diesel, sama-sama enam silinder 3,0 liter untuk varian S350d dan S400d. Namun kemungkinan besar tidak akan dibawa ke Indonesia, meningat absennya varian diesel sejak beberapa tahun terakhir. Varian tertinggi S580 4Matic bermesin V8 dan S580e PHEV juga kemungkinan tidak langsung meluncur di Indonesia.

S-Class generasi terbaru akan menjadi model baru kedua Mercedes-Benz di Indonesia tahun ini. Sebelumnya, diluncurkan Mercedes-AMG CLA 45 secara terbatas, sebagai varian kencang dan performa tinggi dari sedan coupe kompak CLA.

 

 

 

 

 

Sumber : Oto.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here