Menkominfo Apresiasi Peran Jurnalis Tumbuhkan Optimisme dan Cerdaskan Masyarakat

  • Bagikan

Nasional, BogorUpdate.com
Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny G. Plate mengapresiasi peran jurnalis di tanah air. Dirinya mengatakan, partisipasi aktif jurnalis penting dalam menyampaikan informasi untuk mencerdaskan masyarakat Indonesia. Bahkan, telah banyak membantu memberikan penjelasan dan melindungi masyarakat dari infodemi atau hoax.

“Melalui beragam produk, jurnalis dapat membantu narasi-narasi yang akurat, menumbuhkan optimisme, dan mencerdaskan masyarakat Indonesia,” ujarnya dalam acara Puncak Anguerah Jurnalistik Kominfo (AJK, red) 2021 yang diseleranggarakan di Grand Ballroom Hotel Kempinski, Jakarta, Kamis (30/09/21).

Mengingat arti penting peran jurnalis, Kementerian Kominfo tidak berhenti menyelenggarakan AJK sebagai kegiatan tahunan. Menurutnya, peran jurnalis dalam kolaborasi pentahelix nasional harus tetap digelorakan.

“Oleh karenanya, Kementerian Kominfo kembali menyelenggarakan Anugerah Jurnalistik Kominfo 2021 dengan mengangkat tema “Indonesia Terkoneksi: Semakin Digital, Semakin Maju,” tandas Johnny.

Menkominfo menjelaskan pada AJK tahun 2020 lalu, Kementerian Kominfo telah mengajak serta para jurnalis di seluruh Indonesia untuk turut membangun narasi besar “Bangkit dari Pandemi Covid-19 Menuju Masyarakat Produktif”.

Dalam pandangan Menteri Johnny, dampak pandemi yang dipotret dan diseminasi dari perspektif jurnalis yang dinilai telah mendorong masyarakat tetap produktif di tengah krisis yang menyerang hampir semua sektor kehidupan.

“Bahkan, selama pandemi Covid-19, masyarakat telah bermigrasi dari ruang ke ruang digital, manfaatkan berbagai platform fisik untuk membangkitkan perekonomian bangsa,” jelasnya.

Menkominfo menyampaikan selamat dan apresiasi kepada ratusan jurnalis yang mengikuti kompetisi AJK 2021. Menurutnya, pengabdian para jurnalis juga erat dengan kerja kemanusiaan.

“Selamat kepada para pemenang dan bagi yang belum mendapatkan penghargaan, jangan patah, karena tugas jurnalistik adalah mengabdi pada kemanusiaan,” jelasnya.

Menurut Johnny, penghargaan terbesar seorang jurnalis adalah pengalaman yang bisa diterima dan menginspirasi masyarakat. Oleh karena itu, kompetisi AJK merupakan salah satu kegiatan tahunan Kementerian Kominfo yang mewadahi prestasi dan karya insan jurnalis.

“Sekali lagi, saya ucapkan selamat kepada para pemenang, dan saya sampaikan kepada semua pihak yang turut mendukung setiap upaya pencerdasan masyarakat melalui jurnalistik,” jelasnya.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.