Mau Terima Tamu di Hari Raya Idul Fitri? 5 Hal Ini Wajib Anda Perhatikan

0
64

Foto ilustrasi (Net)

Lifestyle, BogorUpdate.com
Seperti tahun sebelumnya, Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran tahun ini akan dirayakan secara berbeda dan dibatasi. Hal ini seiring dengan kasus pandemi Covid-19 yang belum melandai.

Masyarakat tetap disarankan untuk mengedepankan protokol kesehatan. Silaturahmi Lebaran dianjurkan dilakukan secara virtual, terutama dengan kerabat atau orang lain yang tidak tinggal serumah.

Namun kuatnya tradisi masyarakat Indonesia, mungkinkah Lebaran kali ini meminimalkan atau bahkan tak menerima tamu di rumah? Jika memilih untuk halal bi halal secara langsung, bagaimana penerapan protokol kesehatan saat menerima tamu

1. Pastikan Anda dan Anggota Keluarga Sehat
Jika Anda atau mungkin anggota keluarga memiliki penyakit bawaan (komorbid), Anda sebaiknya mempertimbangkan kembali membiarkan seseorang masuk ke rumah Anda untuk menghindari risiko kontak yang tidak disengaja dengan anggota keluarga.

2. Siapkan Sarana Cuci Tangan (Hand Sanitizer)
Sediakan sarana mencuci tangan di depan halaman rumah. Tamu yang kemungkinan membawa virus ke dalam rumah dapat dicegah dengan mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir terlebih dahulu.

Anda juga bisa menyediakan hand sanitizer di ruang tamu agar tamu yang datang bisa langsung menggunakannya, terutama untuk anak-anak.

3. Jaga Jarak dan Pakai Masker
Virus dapat menyebar dengan mudah di dalam ruangan dan saat orang berkerumun. Sebaiknya pilih bagian ruangan paling luas dengan ventilasi yang memadai untuk bersilaturahmi dan batasi jumlah tamu yang berkunjung.

Anda juga bisa mengajak tamu mengobrol di luar ruangan seperti halaman dengan sirkulasi udara yang cukup tinggi. Tak kalah penting juga meminta tamu memakai masker untuk mengurangi potensi penyebaran.

4. Disarankan Tak Berjabat Tangan
Rasanya tentu belum terbiasa jika tidak salaman saat bermaaf-maafan. Namun dalam kondisi seperti ini perlu dilakukan sebagai salah satu cara mencegah penularan virus Covid-19.

Ada baiknya sebelum orang lain berjabat tangan, kita dahulu yang meminta salaman dengan cara menangkupkan kedua tangan di dada, sehingga tidak membuka peluang untuk berjabat tangan namun tetap sopan.

5. Hindari Menyentuh Wajah
Virus Covid-19 dapat masuk ke dalam tubuh melalui mata, hidung, dan mulut. Hindari menyentuh tiga bagian wajah itu sebelum mencuci tangan dengan bersih atau menggunakan hand sanitizer.

 

 

 

 

 

 

(pmjnews/bu)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here