LAPAN Sebutkan, Hari Ini Masyarakat Bisa Melihat Puncak Hujan Meteor Arietid

0
29

Meteor Arietid. (Foto/Net)

Nasional, BogorUpdate.com
Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) menjelaskan, masyarakat dapat menyaksikan puncak hujan meteor Arietid hari ini Senin (7/6/21).

“Hujan meteor ini dapat disaksikan saat fajar dari berbagai tempat di Indonesia,” terang Kepala Bidang Diseminasi Pusat Sains LAPAN Emanuel Sungging Mumpuni, dalam siaran pers tertulisnya, Senin (7/6/21).

Emanual melanjutkan, Hujan meteor Arietid aktif selama periode 14 Mei – 24 Juni 2021. Untuk diketahui, hujan meteor Arietid merupakan satu-satunya hujan meteor yang dapat disaksikan ketika siang hari.

Menurut Emanuel, hujan meteor itu bahkan dapat disaksikan langsung tanpa alat bantu. Adapun hujan meteor Arietid dapat disaksikan dari arah Timur-Timur laut sebelum fajar astronomis, berkulminasi di arah utara pada pukul 10.00 waktu setempat dan terbenam di arah barat-barat laut pukul 16.00 waktu setempat.

Pada saat puncak, lanjutnya, akan ada 50 meteor per jam saat ini namun mayoritas dari hari ini akan sulit dilihat. Kemudian, waktu terbaik untuk melihatnya sewaktu-waktu sebelum matahari terbenam. Kamu dapat melihat ke timur, tepat di atas tempat Matahari terbit.

Situs Express mengungkapkan, para ahli tidak yakin sumber meteor tersebut. Tetapi, hujan meteor tersebut akan berasal dari komet atau asteroid yang mengorbit matahari yang meninggalkan jejak puing saat melakukannya.

“Tidak ada yang yakin dari mana meteoroid Arietid berasal, walaupun beberapa astronom menduga itu merupakan puing-puing dari asteroid 1566 Icarus yang sedang menyusun,”tutur peneliti.

“Kemungkinan lain yaiti bahwa Arietid berasal dari pecahnya komet raksasa dari tahun lalu,” papar ahli. (bu/*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here