Kendaraan Luar Bogor Membludak, Satgas Covid-19 Sekat Pengendara

0
74

Peristiwa, BogorUpdate.com
Libur panjang Idul Fitri 1442 Hijriah, Petugas gabungan Operasi Ketupat Lodaya Tahun 2021 Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Bogor disibukan dengan padatnya lalu lintas baik Roda Dua maupun Roda Empat.

Operasi gabungan ini tak hanya TNI, Polri dan Satpol PP serta pihak Pemerintah Kecamatan, melainkan diperbantukan sejumlah lembaga yang diantaranya Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Bogor.

Pantauan awak media, dengan tetap semangat petugas gabungan berusaha keras mengantisipasi derasnya wisatawan yang berkendara menuju kawasan wisata. Meskipun, tak sedikit pengendara yang berusaha lolos dari operasi penyekatan yang digelar, sejak Jumat kemarin (14/05/21).

Akses menuju lokasi wisata Taman Nasional Halimun Salak (TNHS), Desa Gunung Bunder 2, Kecamatan Pamijahan, tidak sedikit yang lolos dari penyekatan yang cukup ketat.

“Benar sejumlah kendaraan roda dua dan roda empat dari luar Bogor ada yang lolos dari petugas penyekatan, karena terlalu padat antrian,” ujar petugas dari unsur Satpol PP Kabupaten Bogor, yang enggan disebutkan namanya.

Begitu juga, akses menuju lokasi wisata yang ada di Desa Karang Tengah maupun Desa Bojong Koneng pun mengular akibat padatnya kendaraan roda dua dan roda empat yang tidak hanya berplat F.

“Jalan raya Gunung Pancar macet sampai Landeuh nih, sudah susah bergerak maju kena mundur kena,” ucap Darwin, warga Desa Karang Tengah.

Akses keluar pintu jalan tol Jagorawi Sentul Sirkuit terpantau mengular akibat padatnya kendaraan dari arah Jakarta. “Tiga jam merayap mobil di jalur kiri jalan antri mau keluar pintu tol sirkuit sentul,” ujar Dian, Warga Desa Babakan Madang.

Camat Babakan Madang Cecep Imam Nagarasyid mengatakan, terhitung sejak Jumat kemarin hingga hari ini, pihaknya bersama petugas gabungan Satgas Covid-19 yang terdiri dari Kapolres Bogor, Satpol PP Kecamatan Babakan Madang dan Kabupaten, Koramil 2104/Citeureup, Kapolsek Babakan Madang dibantu Pramuka terus melakukan penyekatan pengendara yang hendak menuju Wilayah Babakan Madang.

“Penyekatan diambil alih langsung Satgas Kabupaten Bogor dan kami pihak kecamatan hanya diperbantukan saja,” katanya kepada bogorupdate.com, saat ditemui di lokasi Pos Pengamanan kawasan Sentul City, Sabtu (15/05/21).

Dijelaskan Cecep, bahwa penyekatan kendaraan dilakukan selama Tiga hari kedepan hingga besok Minggu (16/5/21). “Jadwalnya juga digilir menjadi 3 bagian, ada yang pagi, siang hingga malam hari tergantung lengangnya kendaraan yang melintas,” tutupnya.

Sementara itu, Akses tol Jagorawi pintu keluar Gadog Ciawi juga terpantau mengular akibat padat kendaraan yang tak hanya didominasi kendaraan plat F, dari arah Jakarta. “Ini ada one way ga ya, parah ini macetnya, udah satu jam lebih,” ujar Asep warga Kota Bogor.

Sementara, jalur alternatif juga terpantau padat dan sempat menimbulkan kemacetan akibat tidak sedikit kendaraan yang menempuh ‘jalur tikus’ untuk bisa sampai ke tujuan. Jalan desa Cijayanti macet tadi pak, sekarang mendingan tapi masih ramai yang ke arah gunung geulis,” ujar Halimah, warga Cijayanti Babakan Madang.

“Jalan kampung jadi seperti jalan di kota, ramai mobil sama motor ga habis habis lewat sini,” ujar Safitri, warga Sukamakmur, yang mengirim foto suasana kepadatan kendaraan yang tak biasa.

Sementara, Burhan pegawai Instansi Pemerintah Kabupaten Bogor mengabarkan dirinya beserta keluarga sudah berhasil lolos dari operasi penyekatan di kawasan Parung. “Banyak jalan menuju Roma, anggap aja ini lagi offroad keluar masuk kampung orang akhirnya sampai juga di kampung halaman di Banten,” ungkapnya.

Sebelumnya, Wakapolda Jabar menyampaikan bahwa “Mulai saat ini (14/5/21), dilakukan pemberlakuan putar balik bagi kendaraan-kendaraan di luar plat F, langkah ini pun dilakukan untuk meminimalisir terjadinya penumpukan kendaraan di jalur puncak,” tutupnya.

Hal ini disampaikan oleh Wakapolda Jabar Brigjen Pol Eddy Sumitro Tambunan M.Si yang di dampingi Kapolres Bogor AKBP Harun S.I.K., S.H saat melakukan pengecekan pos- pos pengamanan di jalur puncak pada Jum’at (14/05/21).

 

 

 

 

 

 

(Cek/Bing)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here