Jurnalis Multimedia, Buku Panduan Jurnalis Masa Kini

0
19

Lifestyle, BogorUpdate.com
Ditengah persaingan kecepatan informasi dan perkembangan media digital saat ini, para jurnalis dituntut untuk bisa mengembangkan diri menjadi jurnalis serba bisa dalam membuat konten liputan berupa teks, video, Poto, audio dan grafis atau disebut Jurnalis multimedia. Kemudian para jurnalis juga harus siap memberikan konten hasil liputan tersebut untuk keberbagai platfrom media diperusahaan tempat bekerjanya.

Untuk mengatasi tantangan – tantangan tersebut kini telah hadir sebuah buku berjudul Jurnalis multimedia. Buku yang baru ditertibkan merupakan hasil karya dua Jurnalis yaitu Herik Kurniawan dan Endang Gunawan.

“Buku ini rencananya akan dibuat secara berseri tiga kali atau trilogi karena harus dibuat secara komprehensif mulai dari hulu sampai hilir,” jelas Herik Kurniawan saat bedah buku Jurnalis multimedia melalui Webinar pada Kamis 8 April 2021.

Menurutnya ada tiga pembahasan atau isi buku nantinya yang akan diterbitkan diantaranya buku Jurnalis multimedia yang pertama berisi etik, kedua teknik dan ketiga strategi.

“Buku yang pertama Jurnalis multimedia etik berisi regulasi yang mengatur kerja jurnalis mulai dari UU pers, Kode Etik Jurnalis, Pedoman Siber dan lainnya,” jelas Pria yang saat ini menjabat manager news RCTI.

Kemudian, kata Herik, buku pertama juga menjelaskan garis besar cara kerja peliputan, produksi, dan dasar dasar jurnalistik.

“Harapannya agar jurnalis pemula, mahasiswa, atau siswa yang berkeinginan untuk kuliah di jurusan jurnalis bisa memahami etik menjadi jurnalis,” jelasnya.

Sementara itu, Endang Gunawan mengatakan kehadiran buku tersebut bisa bermanfaat bagi seluruh Jurnalis dan mahasiswa yang ingin menjadi jurnalis.

“Buku ini bisa menjadi rujukan bagi jurnalis dalam menghadapi era digital agar bisa mempermudah dalam proses bekerja di lapangan ataupun di redaksi,” kata Goen sapaan akrabnya

Buku ini juga, lanjut Gunawan, bisa digunakan bagi masyarakat umum karena ada bagian bagian yang bisa menjadi rujukan diantaranya berita hoax dan teknik membuat naskah menarik dan vide yang ciamik.

“Bagi masyarakat umum bisa mengambil sisi lainnya, yaitu bisa memperoleh pengetahuan bagaimana cara membuat naskah, video, foto yang menarik agar bisa ditampilkan dengan menarik juga,” pungkasnya.

Penulis berharap buku pertama ini bisa bermanfaat bagi seluruh masyarakat dan rencana buku tersebut juga akan dibagikan secara gratis ke masyarakat.

 

 

 

 

 

 

(Gun/Bing)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here