IPB University Luncurkan Website Pusat Informasi Desa Tapos 1

Tenjolaya, BogorUpdate.com – Tim Pelaksana Program Peningkatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) International Association of Student in Agricultural and Related Science Local Committee (IAAS LC) meluncurkan website tapossatu.com, sebagai pusat informasi Desa , , Kabupaten Bogor.

Peluncuran tapossatu.com dilakukan dalam acara Sosialisasi Pengoperasian Website Pusat Informasi Desa yang dilaksanakan di Aula Kantor Desa Tapos I, belum lama ini.

Kegiatan ini dilakukan IAAS LC IPB University untuk mewujudkan implementasi desa digital melalui pembuatan dan pengoperasian website.

“Tujuan kegiatan ini adalah memberikan penjelasan dan pelatihan kepada perangkat Desa Tapos 1 untuk mengoperasikan website yang telah dirancang. Dengan demikian, website dapat dikelola keberlanjutannya oleh perangkat Desa Tapos 1,” ujar Ketua PPK Ormawa IAAS LC IPB University, Hana Najmi Khalisada.

Dalam sosialisasi tersebut, Hana Tasnim dan Muhammad Ikhsan Ananda sebagai tim divisi pengembangan website PPK Ormawa IAAS LC IPB University menjelaskan cara menggunakan website dari sisi pengunjung website dan sisi administrator website.

“Bagi pengunjung website tapossatu.com tampilan yang akan tersaji meliputi halaman tampilan utama berisi profil dan pelayanan desa, kolom berita, halaman wisata, tata cara pemesanan tiket online wisata, halaman produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) desa serta tata cara membeli produk tersebut secara online,” jelas Hana.

Sosialisasi dihadiri oleh perangkat Desa Tapos 1 meliputi sekretaris desa, kepala seksi kesejahteraan, kepala urusan (kaur) perencanaan, kaur tata usaha dan umum, operator desa serta anggota tim divisi pengembangan website PPK Ormawa IAAS LC IPB University. Melalui sosialisasi ini, perangkat Desa Tapos 1 juga diberikan pelatihan menjadi administrator dalam mengelola website.

“Administrator website dapat mengubah halaman profil desa, data desa, menambah daftar wisata, menambah atau mengubah produk UMKM. Mereka juga dapat menambahkan berita serta membuat sorotan berita,” ujar Ikhsan, tim divisi pengembangan website PPK Ormawa IAAS LC IPB University.

Perangkat desa antusias dalam mendengarkan sosialisasi dan aktif saat pelatihan pengelolaan website. Mereka tak ragu mempraktikkannya di laptop masing-masing. Kegiatan ini turut mendapat respon positif dan dukungan yang baik dari pihak Desa Tapos 1.

“Alhamdulillah kegiatannya bagus. Semoga ilmu yang didapat bisa diaplikasikan dan dapat dikelola berkelanjutan secara mandiri oleh kami. Dengan adanya website ini diharapkan akan mempermudah masyarakat dalam menemukan berbagai informasi Desa Tapos 1 serta dapat meningkatkan branding UMKM dan pariwisata desa,” ungkap Sandi Mulyana selaku Kaur Perencanaan Desa Tapos 1.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *