Inilah 9 Minuman Sehat dan Segar untuk Jamuan Lebaran Anda

. (Net)

Kuliner, BogorUpdate.com – Tak perlu bingung dalam menyajikan dan segar untuk keluarga disaat anda merayakan .

sesuatu yang dinantikan saat lebaran. Minuman yang disuguhkan umumnya adalah minuman dalam kemasan yang tinggi kandungan gulanya.

Sajian tersebut memang segar, tetapi dapat berakibat buruk bagi kesehatan, seperti meningkatkan risiko diabetes atau penyakit gula.

Namun, di sisi lain, Anda tetap memerlukan cairan untuk memastikan hidrasi tubuh terjaga. Apalagi setelah beraktivitas selama Lebaran yang melelahkan.

Lantas, bagaimana cara menyiasatinya? Anda dapat membuat atau menyajikan minuman Lebaran yang segar dan tetap sehat. Berikut adalah beberapa di antaranya:

1. Es Buah
Es buah merupakan salah satu alternatif minuman Lebaran yang menyegarkan dan sehat. Cara membuatnya pun mudah, Anda cukup memotong aneka buah segar seperti pepaya, melon, dan semangka menjadi berbentuk bulat atau dadu kecil.

Kemudian, masukkan buah-buahan tersebut ke dalam air es atau susu. Untuk rasa manis, Anda bisa tambahkan madu. Hindari kental manis atau sirup berlebihan, karena kandungan gula yang tinggi di dalamnya.

2.
Minuman ini juga tak kalah menyegarkan dan sehat, serta tinggi kandungan seratnya. Cara membuatnya Anda dapat menyerut atau mengeruk buah blewah kecil masukkan ke dalam air berisi es batu lalu tambahkan irisan jeruk nipis dan madu untuk menambah kesegarannya.

Minum es blewah juga akan membantu mengatasi sembelit berkat kandungan seratnya yang tinggi. Manfaat ini penting, mengingat di momen Lebaran, Anda tentu akan makan dalam porsi banyak yang dapat memicu sembelit.

3. Es Timun Suri
Es timun suri juga merupakan salah satu minuman Lebaran khas di Indonesia. Selain menyegarkan, minuman ini pun menyehatkan berkat kandungan nutrisi di dalamnya. Timun suri mengandung antioksidan, vitamin C, dan berbagai vitamin lain yang baik untuk tubuh.

Kandungan tersebut sangat penting untuk menjaga imunitas tubuh Anda. Ini tentu diperlukan, mengingat momen Lebaran di tengah pandemi sangat membutuhkan imunitas yang tinggi.

Selain menjaga imun tubuh, es timun suri juga akan membantu melancarkan pencernaan setelah makan banyak makanan berlemak di hari Idul Fitri.

4. Air Kelapa
Minuman segar Lebaran lainnya adalah air kelapa dari buah kelapa muda. Air kepala sendiri terbukti dapat mengembalikan kadar gula darah dan elektrolit dalam tubuh.

Manfaat ini penting ketika Lebaran, karena Anda akan banyak mengonsumsi makanan tinggi gula dan karbohidrat, seperti kue kering. Air kelapa juga sudah banyak dikenal bermanfaat untuk membantu mengatur kadar kolesterol dan tekanan darah.

Manfaat tersebut penting, karena di hari Idul fitri, Anda akan cenderung banyak makan makanan berlemak dan dengan kadar gula tinggi. Supaya lebih segar dan menambah cita rasa, Anda dapat menambahkan es batu dan potongan daging kelapa ke dalam minumannya.

5.
Siapa yang tak familiar dengan es jeruk? Minuman segar ini juga sangat cocok sebagai minuman untuk Hari Raya Idul Fitri. Cara membuatnya pun cukup mudah.

Anda hanya perlu memeras jeruk dan menambahkan air dan es batu. Tambahkan gula secukupnya untuk mengimbangi asam dari jeruk. Untuk menambah kandungan serat di dalamnya, Anda bisa tambahkan biji selasih.

6.
Minuman lebaran berbahan dasar rempah ini mengandung mineral dan mendukung kinerja bakteri baik dalam saluran pencernaan. Tak hanya itu, wedang jahe juga melindungi tubuh dari peradangan.

Untuk membuatnya, Anda bisa merebus jahe yang sudah dipipihkan dan campurkan dengan gula merah yang telah dihaluskan. Setelah mendidih, saring untuk membersihkan ampas jahe, lalu sajikan selagi hangat.

7.
Berbeda dengan jus, smoothies tidak disaring, sehingga semua manfaat buah dan sayur bisa Anda dapatkan. Kandungan nutrisi seperti vitamin, mineral, serta serat di dalamnya bermanfaat untuk kesehatan pencernaan.

Tambahkan juga kacang-kacangan atau biji-bijian ke dalamnya. Selain menambah cita rasa, nutrisi dalam smoothies dapat lebih meningkat.

8. Susu Almond
Susu almond memiliki kadar vitamin E dan omega 9 yang tinggi. Selain itu, susu ini juga merupakan sumber protein yang baik bagi tubuh dengan kalori yang cukup rendah. Anda dapat membeli susu almond yang rendah gula dan terfortifikasi dengan berbagai zat gizi atau membuatnya sendiri di rumah.

9.
Bagaimana pun juga, sebagian besar tubuh manusia tersusun atas cairan. Jenis cairan yang baik untuk memenuhinya tidak lain adalah air putih. Karenanya, minuman yang tak boleh terlewatkan untuk disajikan saat Lebaran adalah air putih. Untuk menambah kesegarannya, Anda dapat menambahkan es batu di dalamnya.

Jadi, tak perlu bingung lagi jenis minuman segar lebaran yang harus Anda sajikan. Beberapa pilihan di atas dapat Anda hidangkan sebagai bagian dari minuman untuk hari raya Idul Fitri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *