Ini Dia, Menu Makanan Yang Perlu Anda Hindari Saat Berbuka Puasa

0
68

Sumber foto (Klikdokter)

6. Mie Instan

Mie instan memang terkenal enak dan praktis. Namun ingat, mengonsumsi mie instan dapat membuat tubuh kesulitan untuk menyerap nutrisi baik dari bahan makanan lainnya. Sebaiknya, hindari makan mie instan agar Anda bisa mendapatkan nutrisi penuh setelah berpuasa.

7. Minuman yang Berkafein

Kafein pada kopi dapat meningkatkan pelepasan asam di lambung yang masih kosong. Hal ini akan mengganggu sistem pencernaan Anda untuk bekerja secara optimal.

Jika Anda masih ingin mengonsumsi kopi, tunggulah 1-2 jam setelah buka puasa. Untuk penderita mag, bisa mengonsumsi kurma terlebih dahulu agar perut tidak dalam keadaan kosong.

8. Makanan Kaleng

Setelah berpuasa, tentu tubuh Anda memerlukan gizi dan nutrisi yang lengkap untuk menggantikan sumber energi yang terpakai saat beraktivitas selama berpuasa.

Mengonsumsi makanan kaleng justru membuat Anda tidak mendapatkan nutrisi terbaik untuk tubuh Anda. Selain itu, banyaknya kandungan kimia seperti zat pengawet membuat makanan kaleng memiliki nilai gizi yang sangat rendah.

9. Makanan Tinggi Garam

Selain dapat memicu hipertensi, makanan yang mengandung tinggi garam juga dapat menyebabkan tubuh dehidrasi. Apalagi saat berpuasa, tubuh akan kekurangan cairan tubuh sehingga rentan mengalami dehidrasi.

Untuk itu, hindarilah makanan yang mengandung tinggi garam, karena garam akan menyerap cairan tubuh yang Anda gantikan saat berbuka. Selain itu, Anda akan merasa sangat haus karena mengalami dehidrasi.

10. Makanan Berlemak

Sebenarnya tidak masalah bila Anda ingin mengonsumsi makanan yang berlemak saat berbuka puasa. Namun, ada baiknya mengonsumsi makanan berlemak secukupnya saja.

Makanan berlemak dapat menyebabkan kerja lambung semakin berat, membuat kehilangan selera makan, dan meningkatkan risiko penyakit lainnya, seperti hipertensi, jantung dan stroke.

Bagi Anda yang menjalani ibadah puasa, perhatikan menu makanan dan minuman yang dikonsumsi saat sahur maupun berbuka puasa. Hindari menu buka puasa di atas agar puasa Anda tetap lancar, nyaman, dan terhindar dari berbagai masalah kesehatan. (Bag 2)

Berita Sambung dari Bag 1

 

 

 

 

 

Sumber : Klikdokter.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here