Daihatsu dan Toyota Sumbang 61 Persen Total Ekspor Mobil Nasional

0
71

Sumber foto (Otosia.com)

Otomotif, BogorUpdate.com
Ekspor Grup Astra menjadi yang terbesar di sektor otomotif Indonesia. Ekspor tidak hanya kendaraan roda empat dan roda dua, namun juga mencakup beberapa komponen otomotif.

Kontribusi mobil menjadi yang terbesar dari total ekspor Grup Astra. Ekspor mobil Grup Astra mencapai 61 persen dari total ekspor nasional Grup Astra.

Bisnis roda empat dan roda dua Grup Astra dengan kapasitas produksi masing-masing lebih dari 700.000 unit per tahun dan lebih dari 5 juta unit per tahun melayani kebutuhan pasar domestik dan ekspor.

“Semoga partisipasi Grup Astra pada kegiatan ekspor ini dapat mendukung program pemerintah, yakni ekspor nonmigas, sekaligus membantu mendorong pertumbuhan ekonomi nasional. Kami percaya kita semua dapat melalui kondisi pandemi ini jika kita saling mendukung,” ujar Djony Bunarto Tjondro, Presiden Direktur Astra.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), pada Januari hingga Oktober 2020, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) telah mengekspor kendaraan roda empat CBU sebanyak 67.740 unit ke 75 negara tujuan ekspor.

Volume ekspor ADM tersebut mencapai 37 persen dari total ekspor kendaraan roda empat nasional yang mencapai 180.903 unit.

Sedangkan Toyota juga telah mengekspor kendaraan roda empat CBU sebanyak 42.131 unit pada Januari hingga Oktober 2020 atau mencapai 23 persen dari total ekspor kendaraan roda empat nasional.

Secara nasional, total ekspor dari pabrikan Grup Astra, yaitu Daihatsu dan Toyota, mencapai 109.871 unit atau mencapai 61 persen dari total ekspor kendaraan roda empat CBU nasional.

Dalam kurun waktu kurang dari satu tahun, PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) telah mengekspor 2.689 unit Isuzu Traga atau senilai US$28 juta pada Januari hingga Oktober 2020.

Di pasar sepeda motor, Grup Astra juga mengekspor sebanyak 221.556 unit CBU motor Honda pada Januari hingga Oktober 2020 atau mencapai 41 persen dari total ekspor sepeda motor nasional yang mencapai 542.016 unit.

Sementara di kategori suku cadang, PT Astra Otoparts telah mengekspor sekitar 74 jenis komponen yang terdiri dari baterai, ban, komponen elektrikal, transmisi mesin, hingga komponen lainnya ke 50 negara tujuan ekspor.

 

 

 

 

 

(Otosia.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here