All New Honda Vario 160 Bermesin 4 Katup Meluncur Tahun Depan?

  • Bagikan

Sumber foto (Oto.com)

Otomotif, BogorUpdate.com
Sejak awal Februari 2021 lalu, Honda PCX dengan jantung pacu 160 atau aslinya 156,9 cc sudah mendebut di Indonesia. Kini mesinnya dibekali dengan 4 katup yang diklaim pabrikan meningkatkan performanya. Hal itu kemudian membuka peluang Vario untuk mendapat mesin yang sama. Seperti diketahui, kedua motor ini memang satu platform mesin, pembedanya ada di sektor sasis, kaki-kaki dan juga tampilan.

Peluang Vario 160 masuk jalur produksi sempat diungkapkan oleh pihak Astra Honda Motor (AHM). Tidak langsung memang, tapi memberi isyarat jika kelak Vario juga berpeluang memiliki isi silinder dan teknologi yang serupa dengan PCX 160.

Tepatnya Saat peluncuran Honda PCX 160 beberapa bulan lalu, Direktur Pemasaran PT AHM, Thomas Wijaya mengatakan peluang Vario bermesin 160 cukup besar. Namun seperti biasa, Thomas belum bersedia mengafirmasinya.

“Memang tidak tertutup kemungkinan jika kami akan ke tipe yang lain (Vario dan ADV). Tapi kembali lagi, sesuai dengan apa yang dibutuhkan konsumen dan apa yang dapat kami pelajari dari riset yang dilakukan,” kata Thomas saat itu.

Apalagi secara umur produk, Honda Vario baik kubikasi mesin 125 cc dan 150 cc sudah menginjak 4 tahun. Saat itu pembaruan dilakukan pada 2018. Nah, bicara siklus hidup produk otomotif, para pabrikan biasanya akan melansir generasi baru tiap 3 atau 4 tahun sekali. Bisa dibilang Honda Vario sudah memiliki umur yang matang untuk regenerasi.

Angin segar soal Vario 160 akan diluncurkan di Indonesia kembali mencuat setelah bocor kode produksi baru yang diduga dari motor tersebut. Kabarnya Vario generasi terbaru akan memiliki kode K2SA. Saat ini diketahui Vario 125 memiliki kode produksi K60 dan K59 untuk Vario 150.

Merespons ini, General Manager Corporate Communication PT AHM, Ahmad Muhibbuddin buka suara. Menurut Muhib, panggilan karibnya, saat ini pihaknya masih fokus menjual Vario 125 dan 150. Menyoal kabar all new Vario dengan kode produksi baru, dia memilih irit bicara.

“Saat ini kita belum ada rencana meluncurkan Honda Vario 16-. Kami terus fokus memproduksi Vario yang ada saat ini,” ungkap Muhib dilansir dari Oto.com, Rabu (1/9/21).

Coba berandai jika nantinya Vario benar disuntik mesin 160 cc dengan konfigurasi 4 katup serupa PCX terbaru. Output yang dihasilkan dari mesin anyar itu bisa lebih gahar.

Analisisnya berdasarkan bobot masing-masing motor. Honda PCX 160 untuk varian non ABS memiliki bobot kosong 131 kilogram, sementara Vario 160 memiliki bobot kosong 112 kilogram. Perbedaan bobot dan mesin baru inilah yang membuat Vario generasi baru nanti bisa lebih maksimal soal performa.

Kemungkinan lain Honda Vario 160 nanti akan menggunakan konstruksi sasis baru yang lebih ringkas dan mengikis beratnya. Hal ini pun dilakukan PCX 160, menggunakan penopang mesin baru dan sukses memangkas bobotnya hingga 760 gram.

Sekadar informasi, mesin baru di PCX 160 memiliki kubikasi tepat 156,9 cc dengan tenaga maksimal 15,8 daya kuda di 8.500 rpm dan torsi puncak di 14,7 Nm pada puntiran mesin 6.500 rpm. Jika disandingkan dengan generasi lawas, artinya ada peningkatan sekitar 3,4 daya kuda dan torsinya naik 1,9 Nm.

Menarik juga buat ditunggu, apakah nanti generasi terbaru Vario akan dibenamkan fitur ABS (Anti-lock Braking System) dan kontrol traksi seperti di PCX 160? Kita nantikan saja kabar baiknya.

 

 

 

 

 

Sumber : Oto.com

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.