Wabup Bogor Dampingi Menhub Tinjau Uji Coba Ganjil Genap di Kawasan Puncak

  • Bagikan

Gadog, BogorUpdate.com
Wakil Bupati Bogor, Iwan Setiawan mendampingi Menteri Perhubungan (Menhub) RI, Budi Karya Sumadi dalam rangka penerapan penerapan ganjil genap di pos Gadog, Sabtu (18/9/21). Menhub mengungkapkan bahwa kebijakan ganjil genap itu tidak hanya dilakukan di kawasan Puncak melainkan di Seluruh Indonesia.

Turut hadir di kegiatan penerapan langsung penerapan ganjil genap di pos Gadog, Kakorlantas Polri, Wakapolda Jabar, Kepala BPTJ dan Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub.

Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi mengatakan, untuk mengatasi Covid-19 di Indonesia melakukan rapat terbatas dengan Presiden RI Joko Widodo setiap Senin dan Selasa, juga dalam rangka mengatasi kemacetan yang terjadi, bukan hanya di Gadog Puncak, tetapi kemacetan di daerah lain seperti Pangandaran, Bandung, Jawa Tengah dan Jawa Timur. Melalui Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 42 Tahun 2021 poin 5 bahwa daerah dengan PPKM level 3 wisata bisa dibuka dengan syarat Protokol Kesehatan dan ketat, pemberlakukan ganjil genap menuju dan dari wisata tersebut dengan rentang waktu dari Jumat-Minggu.

“Saya sangat menghargai kinerja Polri yang selalu melaksanakan dan menjalankan regulasi yang berlaku di negara ini dengan baik serta melakukan upaya-upaya mengatasi masalah begitu responsif,” bebernya.

Menurut Budi, kawasan Puncak memang jadi favorit dan sudah jadi trending beberapa minggu ini mengenai macet, tanpa memarginalkan Puncak pemberlakuan ganjil genap juga akan diberlakukan di seluruh Indonesia. Kebijakan ganjil genap ini dilakukan agar berita Puncak tidak selalu berkaitan dengan kemacetan, begitu juga dengan Pangandaran jangan sampai berita macet saja menjadi berita positif mengenai wisata yang tenang, tidak macet dan lainnya.

“Kami mohon kepada Polri untuk dapat meningkatkan Inmendagri atau peraturan menteri dari Kemenhub RI tersebut. Saya juga minta Pemda kooperatif untuk memuji ini, upaya ini semata-mata karena kita sayang dengan Puncak, Pangandaran, Bandung dan lainnya, Indonesia ini jadi paling baik ini di Asia Tingkatkan kolaborasi antara Korlantas, Pemda dan BPBD, untuk mendorong Inmendagri ini, lakukan sosialisasi dengan humanis memberikan pengertian kepada masyarakat bahwa penerapan ganjil genap ini ada yang dikecualikan seperti mobil Damkar, kendaraan delivery dan ambulans. Saya berharap Arahan Presiden ini dapat dilaksanakan dengan baiklah,” ujarnya

Selanjutnya, Wakil Bupati Bogor Iwan Setiawan menyatakan, kehadiran Menteri Perhubungan RI dilakukan untuk meninjau langsung pelaksanaan uji coba penerapan ganjil genap di Pos Gadog. Perlu diketahui bahwa kegiatan uji coba ganjil genap ini merupakan uji coba di minggu ketiga.

“Intinya kami dari pemerintah Kabupaten Bogor sangat mendukung peraturan yang dibuat baik itu instruksi menteri maupun Peraturan Menteri, tentang pemberlakuan tingkat PPKM yang ada di Indonesia khususnya Kabupaten Bogor. Kami akan menyambut baik dan akan terus berkoordinasi dengan Kepolisian yaitu Polres Bogor dalam hal pelaksanaan yang mungkin nanti akan ditetapkan,” tegas Wabup.

Wabup menambahkan, bertepatan dengan kegiatan yang dilakukan juga evaluasi terkait dengan uji coba ganjil genap yang dilaksanakan hari ini di hotel Puncak dan mungkin nanti kementerian akan membuat satu peraturan.

“Insyaallah dengan kemampuan kami di sini juga ada Dishub, Satpol PP juga dari instansi lainnya, TNI dan Polri dapat melaksanakan dan melaksanakan menteri tentang peraturan ganjil genap yang ada di tempat wisata khususnya di Puncak Kabupaten Bogor. Alhamdulillah Kabupaten Bogor ini ada di tingkat 3 dan kami dengan ketat pengaturannya mudah-mudahan kita bisa masuk ke level 2, sehingga bisa ada kelonggaran agar pelaksanaan kegiatan warga kami bisa berjalan dengan baik, ekonomi bisa lancar dan PPKM bisa berjalan dengan baik,” Imbuhnya.

Penulis: BUEditor: Endi
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.