Tokoh Masyarakat Ini Peduli Situs Makam Mbah Sanja

0
128

Citeureup, BogorUpdate.com
Melawan lupa tentang sejarah atau istilah jangan lupakan sejarah (Jas Merah), tentang keberadaan makam Mbah Sanja yang ada di Desa Sanja Kecamatan Citeureup Kabupaten Bogor.

Anang Sujarwoko alias Koko selaku Tokoh Masyarakat Desa Sanja, menyayangkan adanya makam mbah Sanja yang dinilai kurang terawat. Ia menginginkan dengan menghidupkan tentang sejarah, dengan terbuatnya situs makam mbah sanja didesanya.

“Jika adanya kepedulian bersama dalam merawat makam ini, tentunya akan melahirkan hal-hal positip baik pengetahuan kita tentang sejarah maupun mewariskan terhadap anak cucu kita tentang sejarah,” kata Koko kepada Bogorupdate.com, usai melakukan ziarah makam mbah Sanja yang terletak di Kampung Sanja RT 01 RW 04, Jumat (23/0/2020).

Kepedulian tentang ini, sangat penting. Bukan hanya bisa mewariskan pengetahuan tentang sejarah makam mbah sanja yang sejauh ini minim perawatan. Namun juga bisa menjadi daya tarik sendiri untuk desa bagi masyarakat luar sekalipun.

“Apalagi dirawat dengan baik, dikelola dengan dibuatkan situs makam. Tentunya bisa membawa dampak positip bagi warga setempat,” ujarnya.

Koko berharap, adanya kepedulian pemerintah maupun masyarakat lainnya untuk bisa merawat makam mbah Sanja sebagai simbol asal usul Desa Sanja.

“Dengan demikian, Terbentuknya situs makam mbah sanja di desanya. Pastinya, jika dilakukan perawatan oleh kita yang peduli terhadap sejarah, maka nama desa pun akan ikut harum,” paparnya.

 

 

 

 

 

(cek/bing)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here