Tekan Kasus Narkoba, Polisi Bangun Kampung Tangguh Anti Narkoba

  • Bagikan

Kota Bogor, BogorUpdate.com
Sebagai upaya dalam menekan kasus peredaran dan penyalahgunaan narkoba, Polres Bogor Kota Berencana akan membangun Kampung Tangguh Anti Narkoba. Hal itu diungkapkan Kasubsi Penmas Sie Humas Polresta Bogor Kota Iptu Rachmat Gumilar.

Menurut dia, Kampung Tangguh Anti Narkoba rencananya Kampung Tangguh Anti Narkoba akan di bangun di Wilayah RW 01, Kelurahan Cikaret, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor.

“Ini tujuannya, untuk mencegah peredaran narkoba di lingkungan masyarakat,” kata Rahmat, Senin (13/09/21).

Sementara untuk terkait dengan lokasi, Rachmat menjelaskan lokasi ini dipilih karena berdasarkan hasil analisa rawan peredaran narkoba. Sehingga, lokasi ini dipilih untuk menjadi percontohan Kampung Tangguh Anti Narkoba di Kota Bogor.

Dijelaskannya, bahwa rencana tersebut merupakan program dari Mabes pembentukan Kampung Tangguh Anti Narkoba.

Polresta Bogor kota sendiri berdasarkan analisa dan data yang ada di kami bahwa Kelurahan Cikaret rawan peredaran narkoba kemudian kami mengambil lokasi di RW 01,” ungkapnya.

Masih kata dia, bahwa warga yang sudah menjalani masa rehabilitasi atau proses hukum akan diarahkan untuk berkegiatan yang lebih positif di lingkungannya.

Salah satunya lanjut dia, dengan memberikan bekal di bidang Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Bahkan lanjut dia, pihaknya sudah lakukan beberapa kali sosialisasi di kelurahan.

“Kita sudah lakukan beberapa kali sosialisasi, penyuluhan narkoba, semua elemen masyarakat pemuda pemudi, terutama mereka yang sudah terpapar narkoba ikutkan penyuluhan narkoba di situ. Semua warga di sini mendukung,” tambah dia.

Pendampingan dan pengawasan juga tetap dilakukan kepada mereka yang sempat terjerumus atau terjerat penyalahgunaan narkoba. Sehingga, diharapkan Kampung Tangguh Anti Narkoba ini bisa menangkal peredaran narkoba ke lingkungan masyarakat.

“Kita juga akan berikan pendampingan sampai mereka benar-benar tidak terjerumus narkoba lagi. Termasuk menyiapkan petugas piket 24 jam agar tidak disusupi bandar. Kita selalu mengawasi di sini, bekerjasama dengan Kelurahan, RT/RW,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua RW 01 M Hasan mendukung penuh program dari kepolisan agar kampungnya terbebas dari peredaran narkoba. Karena, banyak laporan dari warga terkait penyalahgunaan narkoba.

“Sangat mendukung dan alhamdulillah kami merasa terbantu dengan adanya Kampung Tangguh Anti Narkoba ini Kita juga nanti akan menyiapkan sejumlah fasilitas olahraga disini agar warga beraktivitas yang lebih bermanfaat,” ucap Hasan.

Hal senada juga diungkapkan Ketua Pemuda RW 01 Nuryadin yang turut mengucapkan terima kasih karena kampungnya terpilih sebagai Kampung Tanggung Anti Narkoba. Pihaknya juga akan turut andil dengan banyak mengisi kegiatan rohani.

Kalau bicara fakta kata dia, tidak menghilangkan bahwa di kampungnya memang rawan, bahkan bukan hanya di RW 01 tapi di Kelurahan Cikaret.

“Kami berterima kasih karena kampung kami dipilih sebagai Kampung Tangguh Anti Narkoba. Intinya kami akan banyakan kegiatan positif dan mantan pelaku agar insaf dan tobat,” tutur Nuryadin.

Penulis: AsEditor: Bing
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.