Samisade Cijayanti, Kades Paojan Manfaatkan Bangun Infrastruktur di Dua Titik

  • Bagikan

Babakan Madang, BogorUpdate.com
Program Satu Miliar Satu Desa (Samisade) yang digelontorkan dari APBD Kabupaten Bogor Tahun Anggaran (TA) 2021 ini sudah berjalan di beberapa desa, baik tahap 1 maupun tahap 2. Salahsatunya di Desa Cijayanti Kecamatan Babakan Madang, mulai memanfaatkannya dengan pembangunan Betonisasi Jalan Desa daan Tembok Penahan Tebing (TPT).

Kades Cijayanti, Ahmad Paojan usai melaksanakan Lounching bersama Camat Babakan Madang dan jajarannya, mengatakan bahwa untuk termin Dana Samisade Tahap 1 dengan tahapan 40 persennya, direaliasikan pada Dua titik yang diantaranya, betonisasi jalan desa dan TPT.

“Alhamdulillah Program Samisade dari Bupati Bogor Ade Yasin untuk tahap 1 ini, sedang kami realisasikan di tahap awal,” kata Paojan kepada bogorupdate.com, usai melaksanakan lounching Samisade Tahap 1, di Kampung Babakan RT 04 RW 01, didampingi Camat Babakan Madang, LPM, BPD, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda, Tokoh Agama dan RT RW, Kamis (02/09/21).

Dijelaskan Paojan, kegiatan realisasi samisade tersebut, lokasinya berada pada Dua titik. Untuk titik pembangunan Jalan Desa di Kampung Pasir Karet RT 05 RW 04 dengan Volume Panjang 500 Meter x Lebar 3 Meter x Tinggi 0,12 Meter. Sedaangkan Pembangunan TPT di Kampung Babakan RT 04 RW 01, dengan Volume Panjang 300 Meter x Tinggi 3 Meter.

“Untuk realisasi anggaran 40 persen tahap 1 ini, sebesar Rp400 juta. Alhamdulillah saya mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Bogor, khususnya Bupati Bogor Ade Yasin yang sudah merealisasikan Samisade Tahap 1 di Desa Cijayanti,” terangnya.

Dalam realissai program Samisade ini, pihaknya mengaku jika masyarakat desanya, menyambut baik program ini. Dan berharap dengan Program ini masyarakat bisa menerima manfaatnya.

“Pembangunan Betonisasi jalan desa dan TPT, memang sangat diharapkan masyarakat. Oleh karenanya saya berharap masyarakat dapat menjaga dan merawat hasil dari pembangunan tersebut nantinya, agar bisa awet hingga beberapa tahun kedepan,” tutupnya.

Senada, Sekdes Cijayanti, Komarudin menjelaskan jika pembangunan jalan desa maupun TPT sangatlah penting. Jalan desa ini merupakan akses utama warga, sedangkan TPT merupakan antisipasi terjadinya longsor, yang ada di wilayah desanya.

“Alhamdulillah tahap 1 ini sudah mulai direalisasikan. Pelaksanaan pengerjaannya dengan cara swakelola oleh Tim Pelaksana Kegiatan (TPK), tenaga ahli dan masyarakat,” jelas Komarudin.

Untuk tahapan selanjutnya, kata Komarudin, pada 60 persen ketika kembali turun anggaran. Pihaknya sudah mewacanakan pembangunan pada sambungan jalan desa yang sudah dibangun saat ini dan pembangunan TPT.

“Harapan saya sangat besar dengan adanya pembangunan ini, warga saya bisa mendongkrak kesejahteraan masyarakat terutama di bidang perekonomian sehingga dapat menunjang kesehatan dan pendidikan di wilayah sekitar, terutama masyarakat Desa Cijayanti,” tutupnya.

Rohmat (40) warga setempat mengaku mendukung langkah pemerintah, dalam mensejahterakan warganya terutama dibidang infrastruktur.

“Ini sangat membantu kami, dengan akses jalan yang bagus tentunya tidak menghambat aktivitas warga. Sedangkan TPT mengantisipasi terjadinya longsong di wilayah kami,” pungkasnya.

 

 

 

 

 

(cek/bing)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.