Rudy Susmanto Bakal Siapkan Kontrakan Sementara untuk Korban Pergeseran Tanah di Bojong Koneng

Ketua DPRD Kabupaten Bogor

Babakan Madang, BogorUpdate.com – Ketua DPRD Kabupaten Bogor Rudy Susmanto, mengatakan pihaknya akan menyiapkan kontrakan sementara bagi korban di RW 09 dan RW 15, , Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor, yang masih tinggal di tenda pengungsian.

“Pada sebelumnya saya diutus Pak untuk datang langsung melihat kondisi korban pergeseran tanah. Namun kemarin beliau menyempatkan diri untuk turun langsung ke lokasi dan menanyakan sarana dan prasarana yang dibutuhkan,” kata Rudy Susmanto kepada BogorUpdate.com, Senin (26/9/22).

Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) DPP Gerindra itu menambahkan, Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto mengintruksikan agar memberikan kontrakan sementara.

“Beliau berpesan langsung kepada Kades Bojong Koneng diharapkan untuk para korban jangan terus tinggal ditempat pengungsian karena kondisinya masih sangat rawan. Beliau juga akan menyiapkan kontrakan sementara, lalu Kades disuruh menyiapkan lahan untuk penggantian rumah,” bebernya.

Masih kata Rudy Susmanto, selain menyiapkan kontrakan sementara, Prabowo juga sempat berjanji akan memberikan rumah kepada korban yang rumahnya mengalami rusak parah. Bagi warga yang mau direlokasi beliau siap untuk menyiapkan insfrastrukturnya.

“Tapi minimal ditahap awal kita meminta agar para pengungsi ini tidak tinggal terlalu lama. Jadi tadi kita sepakat dengan Pemdes Bojong Koneng dan BPBD kabupaten Bogor, untuk mecarikan rumah kontrakan sementara. Jadi para korban tinggal ditempat yang layak dan yang paling penting aman dari ancaman bencana,” ungkapnya.

Kalau untuk relokasi, sambung Rudy Susmanto, tahapannya masih terlalu panjang. Untuk jangka pendeknya pihaknya memindahkan para pengungsi yang ada ditenda, supaya para pengungsi tinggal ditempat yang aman dan nyaman.

“Kedepannya baru kita ambil langkah-langkah selanjutnya, ketika masih ada wilayah yang bisa direhabilitasi akan kota rehabilitasi, ketika harus direlokasi maka akan direlokasi. Nantinya Pemdes memberikan rekomendasi untuk relokasi tersebut dan mendata mana saja yang harus direlokasi,” terangnya.

“Untuk paket sembako tadi Pak Prabowo Subianto mengatakan, apapun yang diperlukan dan berapapun yang dibutuhkan akan kita bantu. Untuk yang diberikan itu baru 350 paket dan akan ada paket-paket sembako lainnya,” tambahnya.

Untuk mempercepat penanganan bencana pergeseran tanah kata Rudy Susmanto, pihaknya sudah mengadakan rapat dengan BPBD dan Pemdes Bojong Koneng, jadi terkait penanganan dan tindaklanjutnya harus duduk bersama terkait aingkronisasi data.

“Data jumlah rumah yang rusak berat, sedang dan ringan. Jangan karena permasalahan perbedaan data dari desa, BPBD dan DPKPP proses penanganannya jadi lambat. Yang saat ini di pengungsian ada 30 KK dengan jumlah 120 jiwa. Untuk lahan relokasi belum ditentukan,” tandasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *