Raffi Ahmad dan Menteri Sandi Sosialisasikan Program Desa Wisata di Cisarua

Cisarua, BogorUpdate.com
Raffi Ahmad dan Menteri Sandiaga Uno mengunjungi Desa Wisata Desa Tugu Selatan, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, Jumat (28/5/21). Kedatangan keduanya ke Desa Wisata di Puncak Bogor itu bertujuan untuk melakukan sosialisasi program anugerah desa wisata Indonesia 2021.

Sandiaga Uno mengatakan anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 merupakan salah satu program pengembangan kepariwisataan Indonesia yang sedang digalakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Mengangkat tema Indonesia Bangkit, program itu diharapkan mampu mewujudkan visi Indonesia sebagai negara tujuan pariwisata berkelas dunia yang pada akhirnya mendorong pembangunan daerah dan kesejahteraan rakyat.

“Kami mengajak kepada pemerintah daerah, agar mulai menggali potensi-potensi wisata yang ada di wilayah, untuk kemudian digunakan menjadi salah satu ujung tombak untuk meningkatkan perekonomian masyarakat,” katanya.

Desa wisata merupakan salah satu elemen pariwisata yang cukup menjanjikan. Mengingat setiap daerah di Indonesia memiliki kearifan lokal, adat, dan budaya yang berbeda-beda, maka menurut Sandiaga, hal itu bisa menjadi daya tarik bagi wisatawan.

Tak hanya memiliki souvenir fashion berupa batik dengan motif khas serta komoditas dari perkebunan Gunung Mas Bogor, desa ini juga memiliki daya tarik dalam produk kriya seperti lukisan bakar serta wisata atraksi budaya.

Selain itu, di kawasan itu banyak tersedia homestay sebagi tempat istirahat dan penginapan bagi wisatawan.
Desa Tugu Selatan secara digital juga berkembang karena memiliki website dan kanal Youtube mengenai informasi kegiatan di desa wisata.

“Melalui kegiatan sosialisasi ini kami harapkan akan membangkitkan minat dari desa-desa yang ada di seluruh Indonesia untuk mulai mengadaptasi konsep desa wisata untuk meningkatkan nilai tambah desanya masing- masing.”

Bagi desa yang sudah menerapkan konsep desa wisata, Menteri Sandiaga menyarankan agar mendaftarkan ke program Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021.

Ajang Anugerah Desa Wisata 2021 merupakan bentuk keberpihakan pemerintah dalam pemulihan sektor parekraf nasional dan merupakan program unggulan Kemenparekraf untuk membangkitkan semangat para pelaku sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

“Jadi jangan lupa, daftarkan desa kalian di Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 di laman www.jadesta.com/adwi2021 sampai 26 Juni 2021 mendatang dengan total hadiah miliaran rupiah,” tutupnya. (bu/*)

Exit mobile version