Prof Ronny Pakar IPB: Jenis Kelamin Makhluk Hidup Ditentukan Banyak Faktor

  • Bagikan

Lifestyle, BogorUpdate.com
Guru Besar Fakultas Peternakan IPB University, Prof Ronny Rahman Noor memberikan penjelasan tentang jenis kelamin pada makhluk hidup. Ia menjelaskan bahwa ada banyak faktor yang menentukan jenis kelamin makhluk hidup. Ia juga mengklaim bahwa teori Aristoteles tidak sepenuhnya salah.

“Pengaruh suhu yang dijelaskan oleh Aristoteles dalam menentukan jenis kelamin yang benar tidak sepenuhnya salah. Hal ini, setelah pengetahuan tentang kesalahan dan jenis kelamin yang berkembang, ternyata memang ada jenis kelamin yang lahir dari kelamin yang ditentukan oleh suhu sarangnya,” ungkap pakar genetika IPB University ini.

Lebih lanjut ia menjelaskan, jenis kelamin pada berbagai makhluk hidup memang bermacam macam. Namun, salah satu yang paling umum adalah keberadaan dan peran kromosom seks.

“Pada umumnya setiap makhluk hidup, baik jantan maupun betina memiliki jumlah kromosom yang sama. Perbedaan kromosom yang dimiliki oleh individu jantan dan betina ada pada sepasang kromosom seks saja,” tambahnya.

Ia mencontohkan, jumlah kromosom pada manusia baik laki-laki maupun perempuan sebanyak 46 kromosom yang saling berpasangan. Dengan demikian, terdapat 23 pasang kromosom setiap individu. Kejelasan tentang peran kromosom seks sebagai penentu jenis kelamin dan mekanismenya mulai terungkap di era tahun 1900-an.

“Penentuan jenis kelamin pada berbagai makhluk hidup memang bermacam macam, salah satu yang paling umum adalah keberadaan dan peran kromosom seks. Pada umumnya setiap makhluk hidup baik yang berjenis kelamin jantan atau betina memiliki jumlah kromosom yang sama. dan betina ada pada pasangan kromosom sex saja,” jelasnya.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.