Penyaluran BLT-DD Tahap III, Pemdes Sukahati Tekankan Para KPM Untuk Menggunakan Sesuai Kebutuhan

0
37

Citeureup, BogorUpdate.com
Penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) Tahap III atau tahapan terahir di Desa Sukahati Kecamatan Citeureup kembali direalisasikan. Pemerintah desa setempat menekankan untuk para KPM agar bisa menggunakan sesuai kebutuhan pokok.

“Saya himbau untuk para KPM yang sudah terima BLT-DD ini agar bisa menggunakan sesuai dengan kebutuhan sehari-hari seperti pembelian sembako tidak untuk kebutuhan yang lain, karena bantuan ini murni dari pemerintah untuk kebutuhan masyarakat miskin terdampak Covid-19,” kata Kades Sukahati, H.Endang Gunawan usai mendamping penyaluran bantuan ini, yang juga didampingi Stafnya, Bhabinkamtibmas, Babinsa, Satpol PP, Pendamping Desa, BPD, LPM, RT RW dan Linmas,” Sabtu (18/07/2020).

Endang menjelaskan, ada 240 KPM di Desa Sukahati yang menerima bantuan tahap III ini. Para KPM ini, sebelumnya juga diwajibkan untuk melaksanakan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah.

“Warga yang ingin mengambil bantuan ini, sebelum dan sesudah masuk kantor diharuskan mencuci tangan, mengenakan masker, pengecekan suhu tubuh oleh petugas dan menjaga jarak saat mengantri bantuan,” jelas Endang.

Dalam pelaksanaannya, Endang menekankan para KPM untuk tidak terpengaruh dengan oknum yang mengatasnamakan RT RW dalam melakukan pungutan. Karena, pihak desa sangat melarang keras jika adanya pungutan bansos covid-19 ini yang dimanfaatkan oknum.

“Himbauan selalu kami tekankan baik kepada masyarakat maupun RT RW agar menggunakan bansos ini sebagaimana mestinya, tidak adanya penyelewangan maupu pungutan apapun bentuknya,” tegas Endang.

Sekertaris Desa Sukahati, Antoni mengatakan agar tidak terjadinya kerumunan masa pada penyaluran bantuan ini, dilakukan secara bergilir setiap RW dari jumlah 9 RW yang ada di Desa Sukahati.

“Kami jadwalkan setiap 1 jam sekali 1 RW. Jadi mereka (red-KPM) datang sesuai jadwal yang kami tentukan melalui RW masing-masing,” terang Antoni.

Salah satu KPM, Komariyah (45) warga RT 1 RW 3 Desa Sukahati, mengaku bersyukur atas bantuan ini dan membantunya dalam kebutuhan kesehariannya.

“Alhamdulillah, saya sudah 3 kali ini dapat BLT-DD. Terimakasih buat pemerintah yang sudah perhatikan saya selaku warga yang kiranya membutuhkan disaat masa sulit wabah corona saat ini,” pungkasnya.

Untuk diketahui, BLT-DD tahapan terahir ini, informasinya akan ada lagi kedepannya dengan jumlah Rp300 ribu setiap KPM. Tapi, masih menunggu informasi selanjutnya dari Pemerintah pusat dan akan dirapatkan lagi pihak Desa.

 

 

 

 

(Asep Bucek/bing)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here