Penyaluran BLT-DD Tahap II di Desa Cijayanti Terapkan Protokol Kesehatan

0
47

Babakan Madang, BogorUpdate.com
Di tengah pandemi Covid-19, Penyaluran bantuan langsung tunai (BLT) dari Dana Desa (DD) Tahap II di Kantor Desa Cijayanti Kecamatan Babakan Madang, menerapkan sesuai protokol kesehatan.

Pantauan Bogorupdate.com, satu per satu keluarga penerima manfaat (KPM) BLT-DD ini wajib memakai masker dan cek suhu sebelum memasuki lingkungan kantor desa. Kemudian, setiap KPM diberi jarak 1 meter ketika duduk mengantre.

Penjabat (PJ) Kepala Desa Cijayanti, Wahyudin mengatakan pihaknya memastikan dalam penyaluran BLT-DD pada Tahap II sebanyak 253 KPM ini menerapkan protokol kesehatan Covid-19. Dimana, setiap KPM wajib memakai masker saat mencairkan BLT.

“Hari ini ada 253 KPM BLT-DD Tahap II yang kami salurkan sudah melalui pendataan dan verifikasi dari yang ada di Desa Cijayanti. Ini hasil pendataan tim Gugus Covid-19 Desa Cijayanti. Penyaluran BLT-DD Rp 600 ribu/Kepala Keluarga sudah tahap ke Dua dan bertahap,” terang Wahyu, usai melakukan penyaluran BLT ini.

Dijelaskan Wahyu, berdasarkan permendes PDTT nomor 6 Tahun 2020 dan Hasil Keputusan Musyawarah Desa Khusus (Musdessus) Desa Cijayanti, sehingga kemufakatan dalam Musdessus ditetapkan 253 Kepala Keluarga yang berhak menerima bantuan BLT-DD.

“Dalam penyaluran BLT-DD ini, menggunakan anggaran Dana Desa tahap II dengan Jumlah Rp.151.800.000,-. Selain itu, kita tetap mematuhi Protokol Kesehatan dengan memakai masker dan jaga jarak, bagi warga yang sudah menerima BLT-DD dipersilahkan pulang agar menghindari kerumunan,” tandas Wahyu.

Sementara Sekdes Cijayanti, Komarudin menyampaikan BLT-DD ini merupakan penanggulangan terhadap warga yang terdampak atau terimbas virus corona, yang selama ini belum pernah tersentuh bantuan dari pemerintah, baik bantuan dari APBN maupun APBD, yang pada intinya sesuai dengan Permendes PDTT Nomor 6 Tahun 2020.

“Manfaatkan sebaik mungkin BLT-DD, agar dapat meringankan beban kebutuhan keluarga kita. Saya sangat berharap kepada seluruh masyarakat, agar tetap mematuhi aturan pemerintah sesuai dengan Protokol kesehatan, tetap menjaga Kesehatan tubuh, memakai masker, mencuci tangan, hindari kerumunan dan banyak berolah raga agar kita semua terhindar dari virus Corona,” pesan Omay sapaan akrabnya.

Di sisi lain, warga penerima BLT-DD Desa Cijayanti, Komariah (45) menyampaikan rasa bersyukurnya kepada pemerintah yang telah menyalurkan BLT-DD, sehingga dapat meringankan beban dalam memenuhi kebutuhan keluarga kami.

“Doa kami, semoga Allah SWT segera melenyapkan Virus Corona ini, agar kita semua dapat beraktivitas seperti biasanya,” pungkas Komariah.

Untuk di ketahui, Dalam kegiatan ini tampak hadir dalam penyaluran BLT DD ini, Pemerintah Desa Cijayanti, BPD, LPM, Bhabinkamtibmas, Babinsa, RT RW dan Linmas yang sudah bekerja keras dalam pendampingan bantuan ini. (Asep Bucek)

 

 

 

Editor : Endi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here