Penambahan Lantai di Proyek Perpustakaan Kota Bogor Menuai Kritik

  • Bagikan

Kota Bogor, BogorUpdate.com
Menyikapi adanya rencana penambahan lantai di proyek gedung perpustakaan Kota Bogor (eks gedung dewan) yang kini tengah direvitalisasi, Pengamat Kontruksi Thoriq Nasution meminta hati-hati.

Menurut Thoriq, kontruksi awal bangunan itu sudah peruntukan tiga lantai, maka jika akan ada penambahan lantai, harus dilakukan kajian kontruksi ulang karena akan menambah beban pada kontruksi awal.

“Kita harus perhitungan dulu apa sudah memenuhi atau sudah pernah di hitung belum sebelumnya, pondasinya, beban dan lain lainnya,” kata Thoriq, Senin (06/09/21).

Kalau belum dilakukan kajian kontruksi, kata Thoriq, maka akan menjadi riskan, artinya kalau ternyata bangunan itu hanya untuk dua lantai setengah. Maka beban kontruksi itu tidah boleh dari itu.

“Artinya konstruksinya dua lantai setengah kalau di beban berikutnya itu akan salah,” jelasnya.

Dijelaskannya, dalam kontruksi itu ada beban beban yang harus di perhitungkan Beban tetap beban tidak tetap. lantas juga penurunan tanah hingga terakhir sampai gempa itu ada perhitungan ya selama itu terpenuhi itu ok ok aja,” ucap Thoriq.

Sebelumnya, Kepala Bidang (Kabid) Perpustakaan Dinas Arsip dan perpustakaan (Diarpus) Kota Bogor, Satia Mulya, menjelaskan Pekerjaan minggu ini akan dilakukan Erection baja untuk penambahan di lantai 3.

Artinya, lanjut Satia, nantinya akan ada penambahan eksisting dari awalanya 2 lantai menjadi 3 lantai. “Tahap satu ini hanya pekerjaan struktur aja, rencana tahun depan lanjutan untuk finishing termasuk interior,” katanya.

Satia juga berharap agar revitalisasi pembangunan gedung perpustakaan di ex DPRD Kota Bogor selesai tepat waktu.
“Kemaren sempet kendala pengiriman baja karena ada ppkm, tapi sekarang udah lancar,” ungkapnya.

Untuk diketahui, Revitalisasi pembangunan gedung perpustakaan di gedung ex Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bogor, Jalan Kapten Muslihat, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor hingga saat ini baru mencapai 29,75 persen.

Padahal revitalisasi pembangunan gedung perpustakaan yang dikerjakan oleh PT Artikon Dimensi Indonesia ini diharuskan selesai akhir tahun ini dan anggarannya pun tidak sedikit yaitu berkisar Rp 14,1 Miliar.

 

 

 

 

(As/Bing)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.