Pemkot Bogor dan Ayoconnect Sepakati Kerjasama Layanan Pembayaran Pajak Daerah

  • Bagikan

Kota Bogor, BogorUpdate.com
Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor dan Ayoconnect melakukan penandatanganan kesepakatan bersama di Teras Balai Kota, Jalan Ir. H. Juanda, Kota Bogor, Rabu (1/9/21).

Kesepakatan bersama ini menjadi jalan terbukanya layanan pembayaran pajak daerah di hampir 80 platform yang jaringannya tergabung di Ayoconnect.

Wali Kota Bogor, Bima Arya mengatakan, di 2021 ini Kota Bogor dinyatakan sebagai kota terbaik untuk transaksi elektroniksasi se-Jawa Barat. Tercatat ada 16 mitra Kota Bogor untuk kanalisasi transaksi pembayaran. 16 mitra ini secara bertahap terjalin dan diperbaiki sampai dinyatakan terbaik yang dampaknya sangat signifikan untuk PAD Kota Bogor.

“Kita tambah lagi dengan Ayoconnect, targetnya sama, saat ini kita ingin menggenjot, memperluas, mempermudah warga dengan kanal yang semakin banyak dan beragam inovasinya,” ujar Bima.

Bima Arya turut menitipkan, tak hanya terkait elektronik transaksional namun juga aplikasi yang sudah dimiliki Pemkot Bogor, yakni Si Badra yang saat ini sudah longgar padahal Si Badra merupakan kanal luar biasa untuk keluhan atau komplain publik namun sekarang keluhan sekecil apapun mengadunya langsung ke Wali Kota.

“Poin saya, satu kolaborasi terus kita kembangkan, inovasi terus diperluas, mitra dengan semua sudahs semakin bagus, dan tolong yang ada juga terus dirawat, Minggu ini saya akan cek, kumpulkan PIC-PIC dinas. Smart City is Not Just CCTV, ini untuk transparansi efisiensi, partisipasi publik. Mudah-mudahan kesepakatan dengan Ayoconnect ini langgeng dan efektif,” tegasnya.

Di tempat yang sama CO Founder Ayoconnect, Chiragh Kirpalani mengatakan, kesepakatan antara Pemkot Bogor dengan Ayoconnect akan sangat membantu bagi warga Kota Bogor dalam melakukan pembayaran pajak daerah melalui beberapa channel yang dibuka Ayoconnect.

“Ayoconnect membangun infrastruktur pembukaan tagihan-tagihan di beberapa channel seperti, ritel, e-commerce, perbankan, kantor pos, pegadaian dan platform lainnya. Melalui kolaborasi ini warga Kota Bogor mendapatkan pilihan, pilihan tersebut akan memberikan akses untuk mereka membayar pajak lewat jaringan manapun,” ujarnya.

Ia menuturkan, di awal penandatanganan kesepakatan ini baru untuk pembayaran pajak daerah seperti PBB-P2 dan BPHTB. Kota Bogor merupakan kota pilot project perpajakan yang diharapkan bisa menjadi contoh pemerintah daerah lainnya.

“Kami ingin melihat seberapa efektif peningkatan pajak Kota Bogor, dari yang sebelumnya pilihan pembayaran pajak terbatas menjadi lebih banyak dengan jaringan Ayoconnect dimana warga bisa membayar pajak dimanapun dan kapanpun,” katanya. (bu)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.